Breaking News

Berita

Dimensi-dimensi BahayaAlkohol

1. Dimensi Kesehatan
Penyalagunaan alkohol sebagai obat untuk minuman alkohol yang tidak memiliki nilai obat, atau zat terapis. Alkohol juga tidak memiliki nilai gizi, dan jika di gunakan sebagai minuman atau zat terapis maka lebih merusak dari pada memberikan manfaat bagi manusia. Alkohol sama sekali tidak mengandung vitamin atau mineral yang baik untuk kesehatan. Berdasarkan pengamatan kami di lapangan, bahwa para pecandu minuman alkohol di kalangan orang dewasa di kaliharapan, pada saat ini ketagian minuman beralkohol dengan berbagai campuran obat lainya seperti:
 Alkohol 70% +Coca cola
 Sprite +Relaxa
 Jamu +Vormalin
 Autan +Kopi
Penyalahgunaan obat-obatan seperti ini merupakan perbuatan setan/iblis yang telah mengendalikan pelakunya untuk membunuh dirinya sendiri (Robert Isir, 1949 : 49-50).

2. Dimensi Ekonomi
Dampak negatif yang di sebabkan minuman alkohol terhadap orang dewasa, dapat mengakibatkan banyaknya lingkaran setan dan kemiskinan yang berkepanjangan. Dengan kondisi dan situasi seperti ini, dapat mengakibatkan segala akibat dan bahaya maut, sehingga orang dewasa yang terlibat dalam mengonsumsi minuman alkohol, pada umumnya bermalasan sehingga tidak dapat bekerja, bolos kuliah, dan para pelaku hanya tidur sepanjang malam (Robert Isir, 1949: 71 -72).
Dampak negatif dari faktor kemalasan, dapat mengakibatkan pencurian milik orang lain atau milik orang tua. Pencurian dapat di lakukan secara merampok atau merampas dengan terpaksa memeras. Selain itu timbul pula tingkah laku kebohongan atau penipuan.
Adanya akibat kemalasan, maka timbul keinginan untuk memuaskan dirinya dengan cara mencuri dan merampok milik orang lain. Selain akibat yang di sebabkan minuman beralkohol, maka timbul pula kemalasan untuk memelihara kesehatan tubuhnya, dan kegiatan lainya.

3. Dimensi Sosial
Bahaya minuman alkohol di kalangan orang dewasa, merusak tatanan sosial masyarakat setempat dari abad ke abad atau hari ke hari, karena minuman alkohol dapat meracuni saraf otak manusia, sehingga sifat manusia berprilaku seperti binatang buas yang ganas. Dan tidak dapat mengendalikan diri, sehingga dapat menimbulkan perasahan dendam, dan tidak berprilaku kemanusiaan. Kenyataan dalam masyarakat, di kalangan orang dewasa di kaliharapan, banyak terjadi berbagai peristiwa yang di sebabkan oleh mereka yang mengonsumsi minuman alkohol seperti Pembunuhan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan lain-lain (Robert Isir, 1949: 74).

4. Dimensi Lingkungan
Minuman alkohol sebagai penyebab manusia dalam lingkaran setan dan kemiskinan di kalangan orang dewasa, karena minuman alkohol dapat berpengaruh terhadap orang dewasa, sehingga selalu kurang efisien dalam kerja untuk mencapai efektivitas.Apabila ada pendapatan yang dimiliki oleh para pengonsumsi, maka mereka membeli minuman alkohol dan mereka mengonsumsi, sehingga pendapatan yang mereka miliki, dapat dihabiskan untuk membeli minuman alkohol.
Semoga apa yang kami posting ini bias menjadi bahan renungan kita semua.

Sumber: Karya ilmiah dari siswa SMA Adhi Luhr
Oleh : Yermias Goo dan
Yohanes Youw
Dimensi-dimensi BahayaAlkohol Reviewed by Majalah Beko on 15.50.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.