BREAKING NEWS

Berita

APA YANG DIPERJUANGKAN OLEH LUCKY DUBE DAN BOB MARLEY MELALUI LAGU-LAGU

Dalam perjalanan pulang setelah mengikuti sebuah pertemuan, saya bertanya tentang Mengapa anda menggemari lagu-lagunya Lucky dube dan Bob Marley? pertanyaan itu saya berikan kepada dua teman saya yang saat itu ikut rapat sama-sama dan pulang juga sama-sama ke sebuah tempat transit angkot dimana kota tempat saya sekarang berada. Teman saya yang cewek (Teke-red) berada disampaing kiri dan dan teman saya yang cowok (Kolly-red) di samping kanan saya.
saya langsung berikan pertanyaan itu kepada kedua teman yang berjalan bersama saya itu. kemudian teman saya yang cewek dengan cepat dan dengan wajah yang mencekam menjawab pertanyaan saya, “Saya menyukai dan menjadikan fans saya (Bob Marley dan Lucky Dube ) bukan kaena music dan lagunya yang baik, tetapi saya tahu bahwa kedua sosok itu merupakan kedua tokoh yang dengan gigih memperjuangkan hak-hak orang kulit hitam dari penindasan, diskriminasi oleh bangsa penjajah dan yang terutama adalah orang berkulit putih y ang menganggap dan memperlakukan orang kulit hitam seakan-akan tidak ada apa-apanya dan tidak berarti apa-apa dengan hadirnya orang kulit hitam dan melakukan perlakuan yang tidak adil terhadap orang kulit hitam . Oleh karena itu kedua tokoh itu dengan keras dan gigih memperjuangkan hak-hak orang kulit hitam lewat lagu-lagu demi menyetarakan orang kulir hitan dan kulit putih serta dari penindasan dan diskriminasi oleh penjajah maupun penguasa yang berkulit putih, dan lagu-lagu dari pada Lucky Dube itu adalah semuanya yang perlakuan orang kulit putih yang memperlakukan ornag kulit hitam yang beliau rasakan itulah yang beliau lagukan dan beliau nyanyikan leawt lagu-lagunya, pungkasnya. Lalu saya mengatakan bahwa, apa yang kawan katakan itu tepat sekali dan saya menerima itu, tetapi motto yang sebenarnya kedua tokoh itu perjuangkan itu apa?. lalu dia menjawab bahwa ‘saya mengetahui latar belakang dan tujuan dari pada kedua tokoh itu sehingga saya minati musik dan lagu-lagu dari pada kedua tokoh itu’,. Maka saya sebagai orang yang berkult hitam saya rasa bahwa mungkin bila saya juga berada disana (tempatnya Bob Marley dan Lucky Dube) saya juga diperlakukan yang sama juga bersama mereka oleh orang-orang yang berkulit putih dan penjajah. maka dari itu walaupun semua syair dari lagu-lagunya kedua tokoh itu menggunakan bahasa inggris namun saya menyukakinya karena alasan-alasan yang saya kemukakan tersebut. tambahnya.
Kemudian teman saya yang di kanan saya (cowok) menjawab dengan wajah yang sedikit serius, “ saya memang menyukai music dan lagu-lagunya lucky dube tetapi Bob Marley saya tidak terlalu suka dan tidak suka untuk mndengar lagu-lagu dari Bob Marley, sebab bagi saya musicnya berirama klasic selain itu saya tidak biasa mendengar dan megerti maksud dari pada lagu-lagunya itu dengan baik. Tetapi kalau Lucky Dube saya adalah peminat dan fansnya juga”, imbuhnya. Lalu dia menjelaskan tentang apa yang ia ketahui tentang latar belakang dari pada Lucky Dube yang menjadi alasannya, mengapa ia menyukai music dan lagu-lagu dari pada sosok Lucky Dube. penjelasannya tentang latar belakang mengapa Lucky Dube Berjuang lewat lagu-lagu, dan penjelasannya itu tidak beda jauh dengan pejelasan dari pada teman saya yang cewek diatas. ”Saya menyukai dan mianati lagu-lagunya Lucky Dube bukan karena apa, tetapi saya merasa bahwa saya sebagai orang berkulit hitam saya ikut merasa dan ikut prihatin terhadapa apa yang dirasakan oleh orang-orang yang mangalami perlakuan yang dilakukan oleh penjajah yang berkulit putih terhadap orang yang berkulit hitam. Lucky dube itu sesosok pejuang yang patut dihargai oleh orang kulit hitam, karena beliau berjuang dengan gigih lewat lagu-lagunya demi menyetarakan hak-hak orang kulit hiatam yang dinmor duakan dan dianggap tidak punya apa-apa dan tidak berarti. dengan demikian beliau berjuang dengan lagu-lagu. selain itu laguu-lagunya beliau itu adalah benar-benar dari hati dan perasaan yang beliau rasakan dari perlakuan orang kulit putih maupun penjajah terhadap orang kulit putih yang memperlakukan perlakuan yang tidak adil terhadap orang kulit putih yang berada disana. sehingga saya sebagai orang yang kulit hitam saya minati dan menyulai lagu-lagu dari pada Lucky Dube, sebagai rasa prihatin dan sebagai se ras, saya membayangkan bila saya berada disana bersma mereka, perlakuan itu bisa diperakukan terhadap saya juga, maka dari itu saya menyukai lagu-lagunya. imbuhnya.
sebagai kesimpulan, bahwa kedua tokoh itu patutu di hargai oleh siapa pun lebih-lebih orang kulit hitam, karena kedua tokoh itu berjuang dengan gigih demi menujukan bahwa “orang kulit hitam itu ada selayaknya sebagai manusia yang punya kedudukan yang sama, orang kulit hitam juga punya hak yang sama dengan orang yang berkulit putih, tidak ada manusia yang istimewa di dunia ini, yang ada hanyalah perbedaan warna kulit, hitam bukan berarti tidak tahu apa-apa, hitam bukan berarti bodoh, hitam adalah kelebihan tersendiri yang diberikan oleh yang maha kusa kepada saya, hitam adalah martabat saya, hitam adalah harga diri saya”

*(Arnold Cherren Belau
APA YANG DIPERJUANGKAN OLEH LUCKY DUBE DAN BOB MARLEY MELALUI LAGU-LAGU Reviewed by Majalah Beko on 18.25.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.