BREAKING NEWS

Berita

KAPAN PELANGGARAN HAM DI PAPUA BERAKHIR?

Pelanggaran di Papua sudah lewat batas, hal ini dilakukan oleh para apartur militer Negara Indonesia, dimana sejak Papua dijadikan daerah jajahan Negara indnesia. Di Papua pelanggaran Hak-hak Asasi Manusia di Papua sudah cukup memprihatinkan, dan kasus-kasus seperti ini banyak terjadi di Papua dan umumnya di lakukan oleh aparat militer terhadap rakyat pribumi di Papua. Sampai dengan saat ini kasus-kasus pelanggaran HAM di Papua belum diselesaikan secara maksimal, dan dengan adanya hal inilah yang menyebabkan timbulnya akar konflik antara rakyat pribumi dengan pemerintah Indonesia.
Sebaiknya sebagai Negara demokrasi Negara Indonesia harus mencari solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah pelanggaran HAM di Papua maupun Papua barat. Bagi Negara Indonesia OTSUS merupakan jalan satu-satunya untuk menyelesaikan masalah Papua lebih khusus kepada pelanggarana hak-hak asasi manusia di bumi Papua. Disamping itu selang waktu berjalan dan tidak sedikit darah yang bertumpahan di bumi ini, dan lebih mengerikan lagi adalah warga-warga sipil yang tak bersakah yang selalu menjadi sasaran utama.
Jalan satu-satunya yang harus ditempuh dalam menyelesaikan masalah pelanggaran HAM di Papua adalah “Memberiakan kebebasan yang sepenuhnya kepada Papua untuk mengatur rumah tangga sendiri” alias “MERDEKA” tanpa ada penindasan, penyiksaan, dan tekanan. Tiada cara lain selain cara ini. Sehingga Indonesia jangan dengan sewenang-wenang melakukan penjajahan di bumi Papua.
Sebelum hal ini tercapai maka hal ini sangat mementukan bahwa akar persoalan yang terjadi di Papua akan terus berlanjut tanpa ada titik penyelesaian yang jelas. Negara indonesia juga harus mengakui kedaulatan kemerdekaan Papua yang diproklamasikan pada tahun 1962 silam. Karena Papua juga memiliki hak untuk memerdekakan diri dalam arti “MERDEKA”, mengatur rumah Tangga sendiri sebagai bangsa yang merdeka di atas tanah leluhurnya.
Sehingga sampai saat ini belum jelas kapan akan berakhirnya pelanggaran-pelanggaran HAM yang dilakukan oleh aparat militer terhadap rakyat pribumi yang tak bersalah dibumi Papua. Karena bukanlah Negara Indonesia yang memgang nasib hidupnya orang Papua.
*(Arnold Belau
KAPAN PELANGGARAN HAM DI PAPUA BERAKHIR? Reviewed by Majalah Beko on 19.42.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.