BREAKING NEWS

Berita

Memiliki Keinginan Keras Untuk Sekolah Tetapi Terkandas

*
Semua orang memiliki kesempatan untuk belajar. Hak untuk belajar dan mendapat pengetahuan yang layak. Hal ini diatur oleh UU sebagaimana diatur dalam UUD 1945 BAB XIII tentang ‘Pendidikan’ pasal 31 ayat (1)Tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran, ayat (2) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.
Bocah yang terdapat difoto diatas ini bernama Alex Tipagau. Ia memiliki niat dan berkeinginan yang kuat untuk bersekolah. Bocah kelahiran tahun 1990 itu berasal dari sebuah kampong kecil yang terletak di tengah-tengah pegunungan di kabupaten Intan Jaya, kampungnya kecilnya itu terletak di timur tenggara dari Distrik Homeyo, kampunya bernama ‘KOBAE’. Bocah ini pernah bersekolah di bangku SD tetapi tidak sampai selesai tamat dari SD. Setelah ia nganggur beberapa tahun lalu ia pindah ke Distrik sugapa kabupaten Intan Jaya, sesampainya disana dengan penuh rasa percaya dan dengan kemauan kerasnya untuk bersekolah ia mendaftar dan masuk di SMP N1 Sugapa walaupun ia tidak memunyai ijazah Sekolah Dasar. ia anak yang pintar dan mahir berbahasa Indonesia serta memiliki keahlian untuk melukis. Ia memiliki kemauan keras untuk bersekolah walaupun pendengarannya kurang, dan pengucapan bahasanya kurang sempurna. Namun kemauan kerasnya untuk bersekolah itu terkandas dari pertengahan. Saat ia SMP kelas XII kepala sekolahnya menyuruh ia untuk menyerahkan Ijazah SD ke sekolah namun Karen ia tidak memilikinya maka dengan terpaksa ia dikeluarkan dari sekolah. Dengan putus asa dan lapang dada ia meneriama tantangan itu. Tetapi keputus asaan yang ia alami itu tidak berakhir sampai disitu melainkan ia selalu aktif dengan kegiatan-kegiatan dirumah disamping itu juga ia selalu ikut ambil bagian dalam kegiatan yang diadakan di gereja.
Foto disamping ini adalah alex dengan kemauannya dan semangatnya untuk bersekolah yang tak terpadam ia menggambar apa saja yang ia ingin gambar sesuai hobynya sambil santai di rumah. Bila ada waktu luang ia tidak membiarkan waktu luang itu berlalu begitu saja namun ia isi dengan kegiatan menggambar dan menulis sesuai dengan apa yang ia ingin gambar dan tulis. Di foto itu ia memegang sebuah gambaran hasil keringatnya dan juga memegang sebuah pena kesayangannya yang selalu ia gunakan sesuai kebutuhan menggambar dan menulis.
orang seperti alex tidak mudah dijumpai, sebab dengan kemauan kerasnya untuk belajar tanpa ijazah SD tetapi perjuangannya untuk bersokolah itu terkandas dari bangku SMP. Selamat berjuang kawanku. . . . . . . . . .
Arnold Cherren Belau)
Memiliki Keinginan Keras Untuk Sekolah Tetapi Terkandas Reviewed by Majalah Beko on 14.20.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.