BREAKING NEWS

Berita

PUNYA SERTIFIKAT KOMPUTER TETAPI TIDAK BISA MENGOPERASIKAN KOMPUTER

Arnold Belau, Foto Dok Pribadi
Pada masa era global ini minimal untuk mengoperasikan computer harus bisa oleh setiap manusia di belahan dunia manapun, karena computer adalah sebuah saran yang diciptakan utnuk membantu aktifitas meanusia untuk kenutuhan hidupnya. Lebih parah bila tidak bisa mengoperasikan computer. Karena computer mekebutuhan utama yang tak terlepas dari kebutuhan lainnya, misalnya untuk mengetiak pada zaman dahulu masih menggunakan tulisan tangan dan juga maih mengguanakan mesin ketik manual. Namun pada perkembangan zamn yang begitu cepat akhirnya untuk menulis surat ataupun yang lainnya tidak memerlukan tulisan tangan maupun tik-kan dari mesin tik manual. Artinya bahwa computer di era globalisasi ini sangat penting karena semuanya baik untuk men-tik surat-surat  maupun men-tik kebutuhan lainnya tidak memerlukan tik-kan mesin ketik manual maupun tulisan tangan tetapi semuanya itu semuanya menggunakan computer. Sehingga tidak heran jika zaman sekarang mulai darri anak-anak maupun tingkat dewasa mengguanakan computer. Di negara-negara bekembang sudah mengkomputerisasikan computer dalam kehidupan masyarakat sehingga di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan beberapa negara maju lainnya meenggunakan computer dengan bantuan jaringan internet bisa menggukana computer itu sebagai saran untuk mengajar dan kebutuhan lainnya,  pendidikan dari rumah artinya tidak ke sekolah lagi namun guru-guru hanya mengajar lewat janringan yang ada sehingga bisa mendapatkan pengajaran dari guru-gurunya dari rumah saja.

Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan membantu, mempermudah, mempercepat pekerjaan-pekerjaan manusia  yang mungkin sulit bila tidak menggunakan komputer diantaranya adalah:
1.      Bidang Pendidikan
Kita tahu bahwa untuk memanfaatkan TIK dalam hal pembelajaran tidak semudah dibayangkan.Perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi demi terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran,diantaranya :
-Adanya akses teknologi internet untuk guru maupun siswa,baik di dalam kelas,sekolah,maupun lembaga pendidikan guru,
-Adanya materi yang bermutu bagi guru dan siswa,
-Guru harus harus produktif terhadap perkembangan TIK.
2.      Bidang Kesehatan
Salah satu Dari manfaat komputer dalam bidang kesehatan adalah Mempermudah dokter dan perawat dalam memonitor kesehatan pasien, monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah, dll. Itu adalah salah satu manfaat komputer dalam bidang kesehatan.
3.      Bidang Transportasi
Dengan adanya komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer.Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer.
4.      Bidang Jasa Pengiriman Barang
Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap.
5.      Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik denga bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan.
6.      Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para insinyur dan arsitek mendesain gambar konstruksi dengan permodelan dan perhitungan yang akurat dan cepat yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7.      Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting, animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
8.      Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer.
9.      bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi. Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern.

Beberapa waktu lalu ada seorang pemuda yang baru saja diangkat menjadi CPNS (Calon Pegawai Negri Sipil) dari sebuah kabupaten pemekaran di pegunungan Papua Tengah, datang ke tempat saya dan teman-teman saya. Dimana kami diberikan sebuah kamar untuk dijadikan sebagai secretariat sementara untuk kegiatan Sosialisasi Manusia dan Alam Intan Jaya. Pada saat itu pemuda itu datang dan meminta laptop milik saya untuk belajar men-tik, lalu saya tidak mengabulkan permintaannya. lalu pemuda itu mengatakan bahwa “ sa ini punya sertifikat computer yang Pemda kasih  tapi saya tidak tahu cara mengoperasikan computer” lalu say bertanya lagi , Kemudian Sertifikat itu Pemda berikan kepada ko dengan kop u teman-teman dengan tujuan apa? ah. . . .  . .pemda dorang kasih saja ini, say ajuga tidak tahu karena saya tidak tahu gunakan computer jadi nanti saya bakar saya punya sertifikat itu, katanya.
PEMDA tidak bisa memberikan sertifikat computer bila bawahannya tidak bisa meng operasikan computer karena itu sama saja dengan membodohi bawahannya. Bila ingin meyekolahkan pegawainya agar bisa mengoperasikan computer maka tiap kepala dinas harus menyekolahkan ataupun memberikan pelatihan dan memberikan izin untuk pegawainya bisa mengoperasikan computer, bukan dengan cara memberikan sertifikat kepada orang yang sama-sekali tidak bisa mengoperasikan  computer. Hal semacam ini sangat jelek karena nama kabuaten jelek dan juga bila punya sertifikat tetapi tidak bisa mengoperasikan computer berarti yang malu adalah pihak yang memberikan sertifikat kepada orang yang tidak bisa mengoperasikan computer karena sudah membodohi orang lain dengan memaksakan keadaan.

                                  Arnold  Kiba Belau )*
PUNYA SERTIFIKAT KOMPUTER TETAPI TIDAK BISA MENGOPERASIKAN KOMPUTER Reviewed by Majalah Beko on 14.26.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.