BREAKING NEWS

Berita

Awas Bahaya Asap Rokok Mengintai Anda


“Tidak merokok bukan pria” sebuah slogan yang keliru. Memang tak asing mendengar kata itu. Pasti teman kita pernah mengatakan kata itu pada kita sambil mengajak kita untuk merokok. Kadang juga dengan melontarkan kata-kata yang menarik perhatian kita, sehingga kita juga ingin mencobanya. Dengan cara mencobanya itulah kita menjadi pecandu.
Jika rokok menunjukkan kejantanan kita, mengapa ada pelarangan merokok? Rokok sengaja dilarang karena bahayanya. Sebatang rokok mengandung puluhan bahkan ratusan unsur kimia yang membahayakan tubuh manusia. Tubuh manusia sangat peka terhadap unsur-unsur kimia itu sehingga ketika terhirup asap rokok tubuh akan merespon dan menimbulkan rasa sakit.
Asap rokok merupakan faktor utama untuk menyerang tubuh manusia. Dimana ketika kita menarik atau menghirup asap rokok organ kita akan berefek. Efek yang ditimbulkan beralih ke penyakit, misalnya penyakit kanker, TBC, infeksi saluran pernapasan dan banyak lagi.
Anehnya, bahaya asap rokok tidak hanya menyerang perokok aktif atau orang yang merokok. Tetapi asap rokok juga menjadi racun bagi mereka yang tidak merokok. Ketika perokok mengeluarkan asap dari mulutnya atau hidungnya, asap tersebut akan terbang di udara selama berjam-jam. Sehingga, orang-orang disekitarnya juga ikut terhirup. Lebih para lagi jika tinggal bersama di satu ruangan yang tertutup dengan perokok. Bisa-bisa “ mati banyak to”.
Angka kematian bahaya asap rokok pun meningkat terutama di Negara-negara berkembang termasuk negara kita. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran manusia terhadap bahaya dari rokok itu sendiri. Padahal sudah jelas dituliskan di bungkusan rokok bahwa merokok dapat menyebabkan serang jantung, impotensi dan sebagainya. Sementara di Indonesia dari yang kecil hingga dewasa sudah tahu isap rokok. Katanya, “sekolah boleh bodoh tapi jangan bodoh isap rokok”. Sungguh sebuah lelucon tapi membahayakan.
Bahaya asap rokok memang sangat mengintai manusia maka waspadalah. Sebelum hujan datang sediakan payung, selama anda sehat jangan sekali-kali mencari sakit. Itulah yang bisa kita lakukan. Hati-hati Indonesian and to Papuan youngers.
Saya bukan seorang dokter yang professional namun saya hanya sekedar mengingatkan. Saya fikir life saving is very important. Oke, salam 4 u.


*Jhoni Becko
Awas Bahaya Asap Rokok Mengintai Anda Reviewed by Majalah Beko on 17.03.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.