Breaking News

Berita

Keraguan Siswa-Siswi Ketika Menghadapi Ujian Akhir Nasional

Arnold dan Hengky, Foto : Dok  Pribadi
Ujian Akhir Nasional (UAN) adalah ujian yang diberikan pada akhir waktu satu pelajaran.Ujian akhir nasional ini biasanya diadakan pada akhir smester bagi para siswa-siswi,dan menguji kemampun siwa-siswi yang akan menyelesaikan bangku pendidikannya.Baik SD,SMP,maupun SMA dan sederajatnya yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya.

Mengapa kami mengangkat topik ini? karena kami mengamati sebagian besar siswa-siswi menganggap ujian akhir nasional adalah sutu beban yang sangat besar yang harus di hadapi oleh para siswa-siswi.

Keyakinanan dan keberanian siswa-siswi tidak lagi manghinggapi didalam diri siswa-siswi maka, timbullah rasa kekhawatiran, takut tidak lulus,ragu dalam mengerjakan soal ujian nasioanal.Untuk menghadapi ujian nasional maka siswi-siswi pun akan mencari jalan pintas untuk menghadapi UAN karena beberap,faktor di atas dan dapat pula kita melihat karakter siswa-siswi yang sudah siap untuk menghadapi (UAN) dan siswa-siswi yang belum mempersiapkan dirinya untuk menghadapi (UAN).
Karakter yang pertama yaitu siswa-siswi yang sudah siap untuk menghadapi ujian akhir nasional mereka akan lebih cenderung bersantai karena mereka sudah siap matang untuk menghadapi ujian akhi dan tidak lagi menerima isu- isu diluar dugaan mereka.

Karakter yang kedua yaitu siswa-siswi yang belum siap untuk menghadapi ujian akhir nasional menganggap ujian akhir nasional adalah sesuatu hal yang menakutkan rasa kekhawatiran akan timbul dan mereka mudah terpengaruh dengan isu-isu diluar dugaan.
Ujian Akhir Nasional adalah ujian yang diberiakan pada akhir waktu suatu pelajaran, dan ujian yang diujikan berupa materi yang dirangkum lalu diujikan pada akhir waktu.Sebenarnyan ujian ini bukan kendala yang harus dihadapi siswa-siswi. Jika siswa-siswi tekun dan mempersiapkan dirinya sebelum jauh untuk menghadapi ujian akhir nasional maka, tidak lagi menjadi beban atau kendala bagi para siswa-sisiwi atau para peserta ujian akhir nasional.

Untuk menghadapi (UAN) para siswa harus menyiapkan mental yang matang agar, siswa-siswi mudah untuk menghadapi ujian akhir nasional.Dan, tidak lagi menjadi beban atau kendala bagi para siswa-siswi atau peserta (UAN). siswa-siswi juga perlu mempersiapkan diri sebelum (UAN) dimulai sejauh hari dan, tekun belajar materi yang telah diberikan oleh bapak atau ibu guru.

Peserta UAN juga perlu menghindari rasa “ Kekhawatiran, takut, dan ragu” dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir nasional.Dan, para siswa-siswi dapat menanamkan mental keberaniaan dalam menghadapi ujian akhir nasional dan, para siswa-siswi dapat menganggap ujian akhir nasional. Ujian akhir nasional (UAN) adalah sebuah ujian yang yang harus mereka hadapi dan tidak terbebankan,hal ini akan mempermudah siswa-siswi untuk menghadapi ujian akhir nasional.


Henky Akapakaby Yeimo dan Arnold Hanegepitabo Belau


Keraguan Siswa-Siswi Ketika Menghadapi Ujian Akhir Nasional Reviewed by Majalah Beko on 10.24.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.