BREAKING NEWS

Berita

Semangat Menimbah Ilmu Tidak Tergantung Usia Maupun Sekolah “Kakek Berusia 10 Tahun”


Foto Pribadi

NABIRE BEKO---Dikisahkan di bawa sebuah pohon yang merindang tanpa sekelompok anak-anak sedang menyimak pelajaran yang di berikan oleh seorang guru diantara anak-anak itu terlihat seorang kakek yang duduk di sana. Seusai pelajaran seorang pemuda dengan penasaran menghampiri dan bertanya kapada si kakek ke apakah ke seorang guru?

    Akubukan serang guru aku juga sedang belajar sama dengan anak-anak itu lo, memangnya berapa umur kakek umurn kakek tahun ini genap sepuluh tahun ah kakek bercanda lah pikiran ku umur kakek sudah 70 tahun ha..ha..ha..tebakan mu benar bila di hitung dari saat kakek akhir hingga kini kakek memang 70 tahun tetapi 60 tahun yang telah di lewati jangan di hitung yang benar-benar di hitung adalah 10 tahun terakhir ini.

  Si pemuda itu kebingungan lalu dengan wajah kebingungan. Si pemuda itu  bertanya apa artinya kek sambil menarik napas panjang si kakek menjawab sejak kecil sampai uasia 20 tahun seharusnya waktu yang baik untuk belajar tetapi kakek sibuk bermain dan bersantai karena sebuah kebutuhan hidup telah di persediakan berlimpah oleh orang tua kakek.

Kemudian 20 Tahun berikutnya waktu yang seharusnya berkarya kakek malah menggunakannya berfoya-foya menghamburkan harta yang di miliki dengan susah paya orang tua kakek dan 20 tahun yang berikutnya waktu yang seharusnya aku ulurkan tabungannya sebagai persiapan pension.
   Pada waktu malam malahan kakek gunakan untuk pergi bertamasya menghabiskan sisa harta yang masih ada semua hannya untuk mengejar kesenagan sesaat coba kamu piker bukankah 60 tahun kulewati ini dengan sia-sia tidak ada 1 pun yang ku pelajari lalu bagaiman dengan 10 tahun hidup kakek …..?
     Dengan mata berkaca-kaca dengan wajahnya yang sesal si kakek bertutur 10 tahun terakhir aku sadar 60 tahun hidup dilalui tanpa makna tanpa tujuan dan cita-cita semuanya hidup yang sia-sia tidak berguna saat sadar kakek hidup sebatang karang dan tanpa harta untuk hidup pun harus di tunjam belas kasihan orang lain.
      Cerita ini mirip dengan seorang kake yang juga rajin menulis entah apa yang ditulis tidak sesuai dengan apa yang ia amati hanya ia duduk dengan sejumlah buku buku kumuh dan sebuah alkitab dan ia menyalinya kebuku harianya itu. Suatu kali saya menhampirinya karena kagum lalu saya mendekat dan bertanya bapak kenapa bapak salin alkitab ini lalu katany anak kita menulkis suapa anak cucu kita bisa membaca tulisan kita ini.

     Anak muda jangan meniru kehidupanku yang “bersantai” ini kakek lalui karena waktu adalah modal utama berharga yang dimiliki setiap manusia pergunakanlah baik-baik untuk belajar berusaha dan berkarya efektifitaskan waktumu dengan tujuan yang jelas dan berjuang meraih keberhasilan maka kelak di hari tua mu kamuakan menjalani kehidupan ini dengan dan bahagia.
     Pesan dari cerita cerita ini kita bisa petik sebagi bahan pembelajaran untuk tetap belajar dan menulis tiada kahirnya kecuali ajal menjemput kita …..

Salam perjuangan…!
By Andreas M. Yeimo
Semangat Menimbah Ilmu Tidak Tergantung Usia Maupun Sekolah “Kakek Berusia 10 Tahun” Reviewed by Majalah Beko on 16.02.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.