Breaking News

Berita

Renungan Singkat Sejarah dan Misi Perjuangan Papua

Yesaya Koteka Goo. Foto: Pribadi.
Sejak tahun 1963 sampai sekarang ini, rakyat Papua di Papua Barat ditempatkan sebagai musuh dari penguasa Negara Indonesia dengan penuh stigma lama seperti angota OPM, separatis, dan pembuat makar. Sehingga, konsekuensi logisnya ialah rakyat Papua ditangkap, di penjara, disiksa, diculik, dan ditembak bahkan diperkosa. 
Martabat dan kehormatan rakyat Papua terus terusik dan terinjak-injak dengan tindakan sewenang-wenang penguasa NKRI. Pengalaman pahit, tumpahan darah, dan air mata rakyat Papua terus bercucuran di depan mata kita.
Ini kondisi nyata yang sulit dibantah. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai agen perubahan di muka bumi ini harus melangkah dan bertindak dalam doa dan aksi nyata. Tinggalkan sikap egois di atas penderitaan rakyat Papua di tanah Papua.
Untuk menghentikan kekerasaan, penindasan, penuh ekploitasi SDA, dan diskriminasi terhadap rakyat Papua, kita sebagai mahasiswa Papua harus bertindak dan melangkah dengan mempromosikan Papua sebagai “tanah damai”. Selain itu, kita harus memperjuangkan keadilan, perdamaian,  kebebasan, demokrasi, dan hak asasi manusia yang membutuhkan tenaga, waktu, pikiran, dan ketulusan hati.
Misi kita sebagai orang asli Papua (OAP) adalah menegakan keadilan, menciptakan perdamaian abadi, kebebasan, kedaulatan, dan kemerdekaan rakyat Papua dari belengu dosa. Selain itu, kita musti mengangkat martabat dan hak asasi manusia di tanah Papua.
Dengan demikian, kita harus berjuang mencari kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi  demokratis bagi rakyat Papua.

Oleh Yesaya Koteka Goo

(Editor : Aten Pekei)
Renungan Singkat Sejarah dan Misi Perjuangan Papua Reviewed by Majalah Beko on 07.47.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.