Breaking News

Berita

Kaum Intelektual Nabire: Berkas Para Calon Anggota PPD Tahun 2015 Ilegal, KPU Nabire Harus Verifikasi

Kaum intelektual di Nabire sedang mendiskusikan soal berkas para calon PPD tahun 2015 di Karang Mulia, Nabire, Rabu (06/05/15) siang. Foto: AD/BEKO.
Nabire, MAJALAH BLACK KOTEKA - - Kaum intelektual di Nabire menilai berkas para calon anggota PPD tahun 2015 ilegal dan meminta KPU Kabupaten Nabire memverifikasi berkas para calon anggota PPD seketat mungkin.

Hal tersebut diungkapkan Agus Tebai mewakili kaum intelektual bersama beberapa rekannya ketika ditemui Majalah Black Koteka, Rabu (06/05/15) siang di Karang Mulia, Nabire, Papua.

Agus menilai berkas para calon anggota PPD yang telah mendaftarkan diri di KPU Nabire tidak sesuai dengan persyaratan yang ada di KPU Nabire.

“PPD yang sedang mendaftar itu, di luar dari syarat PPD yang daftar di KPU Kabupaten Nabire, seperti pegawai negeri, pengusaha, dan parpol anggota PPD yang lama mereka sudah terdaftar,” ungkapnya.

Lanjutnya, “PPD yang lama, termasuk pengurus partai politik dan pegawai negeri sipil, itukan jelas mereka tidak termasuk dalam pencalonan PPD. Akhirnya, selama pendaftaran,  kebanyakan saya melihat pegawai negeri, pengurus partai politik, terus pengusaha ikut mendaftarkan diri.”

Untuk itu, jelasnya, kami sebagai pengangguran dan kaum intelektual tetap mengkritik pemerintah maupun KPU Nabire untuk harus memverifikasi dan meneliti kembali syarat-syarat yang dikumpulkan para calon anggota PPD 2015.

Menurut Agus, untuk melampirkan rekomendasi dari setiap distrik, kebanyakan mereka (para calon anggota PPD) menyogok kadis di 5 distrik yang ada di Kabupaten Nabire.

Selain itu, Agus mengatakan, KPU Nabire harus berdiri sesuai dengan 5 Dasar Hukum Pemilukada yang sudah ada di Indonesia, yakni pertama, UUD untuk Pemilukada Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah yang telah diubah dengan UU Nomor 8 Tahun 2005 dan terakhir dengan UU Nomor 12 Tahun 2008. Kedua, UU Nomor 22 Tahun2007 Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Ketiga, PP No. 6 Tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang telah diubah terakhir dengan PP Nomor 49 Tahun 2008. Keempat, Peraturan KPU Nomor 63 Tahun 2009 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Kerja KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS, dan KPPS dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Kelima, Peraturan KPU Nomor 72 Tahun 2009 Tentang Pedoman Tata Pelaksanaan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Tempat Pemungutan Suara.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, kepada Majalah Black Koteka, Gaadobi Keiya mengatakan, kaum intelektual mengajak warga Nabire jangan terinvensi dengan hal-hal dilakukan KPU Nabire beserta para calon PPD maupun PPS Kabupaten Nabire 2015.

“Warga Nabire harus tanamkan namanya demokrasi yang jujur, bersih, serta adil dalam pemilihan umum ini. Jangan terinvensi dengan hal-hal yang sedang terjadi ini,” ajaknya.

Keiya mengatakan, KPU Kabupaten Nabire musti mengutamakan pengganguran daripada PNS terkait pencalonan anggota PPD, PPK, dan PPS Nabire 2015. Sementara itu, dirinya mengharapkan kepada para calon anggota PPD dan PPS agar merekrut orang muda  atau penggangguran.

“Tolong bapa-bapa dan ibu-ibu yang sudah terdaftar namanya PNS bahwa tolong rekrut orang muda yang tidak berkepentingan pada satu kandidat dan dipatokan kepada UU yang mana pemilihan sudah jelas semua di KPU sesuai dengan peraturan yang ada,” pintanya.

Selain itu, Keiya mengatakan, kelima KPU di tiap-tiap distrik tidak terinfeksi atau tidak terlibat dalam money politic.

“KPU adalah pihak lembaga independen yang berdiri di tengah untuk membela kebenaran atau sebagai wasit. Maka itu, kami harap dalam pengrekrutan PPD dan PPS ini adalah orang yang tidak tergabung dalam partai politik atau seorang kandidat yang lain,” pungkasnya. (AD/AP/BEKO)
Kaum Intelektual Nabire: Berkas Para Calon Anggota PPD Tahun 2015 Ilegal, KPU Nabire Harus Verifikasi Reviewed by Majalah Beko on 11.30.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.