BREAKING NEWS

Berita

Peringati Hari Aneksasi, AMP Yogyakarta Gelar Aksi Damai

Setelah aksi, APM KK Yogyakarta sempat mengibarkan bendera Bintang Kejora di depan Asrama Papua, Yogyakarta. Foto: AG/BEKO.
Yogyakarta, MAJALAH BLACK KOTEKA - - Peringati 53 tahun hari Aneksasi Papua dalam Indonesia, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota (KK) Yogyakarta menggelar aksi damai di depan titik nol kilometer kota Yogyakarta, Jumat (01/05/15).

Awalnya, ratusan massa aksi yang tergabung dalam AMP berkumpul di Asrama Papua Jl. Kusuma Negara menuju Titik Nol Kilometer, Alun-Alun Kota Yogyakarta.

Mereka saling bergantian melakukan orasi dan membawa spanduk tuntutan . Selain itu, mereka menyatakan sikap atas ketidakadilan yang terjadi di Papua dari awal tahun 1963 hingga tahun 2015.

Menurut Jhon Gobai, Koordinator Lapangan Aksi bahwa tanggal 1 Mei 1963 merupakan hari Aneksasi bukan hari integrasi Papua ke dalam Indonesia. Karena menurutnya, sejak saat itu Indonesia menduduki Papua karena kepentingan ekonomi dan politik Indonesia.

“Warga Jogja dan Indonesia yang kami hormati. Hari tanggal 1 Mei, hari ini merupakan hari Aneksasi bukan hari integrasi Papua ke dalam Indonesia, katanya.

Lanjutnya, “Kami Aliansi Mahasiswa Papua hari ini, kami turun jalan sebagai bentuk sikap melawan segala bentuk pendindasan dan pemusnahan rakyat Papua dan menuntut self determination sebagai solusi demokratis bagi  Rakyat Papua Barat.”

Nol Kilometer merupakan tempat awal Ir. Soekarno mengumandangkan Trikora untuk, menggagalkan negera Papua, mobilisasi masa sebesar-besarnya, dan mobilisasi militer di seluruh wilayah Papua.

Salah satu massa aksi yang mewakili AMP internasional menyatakan,  Indonesia harus melihat Papua dan jangan berbangga diri dengan mendukung kemerdekaan Palestina sementara Papua diabaikan.

Berikut pernyataan sikap yang dibacakan dan dibagikan dalam perss release sebagai tuntuan aksi damai AMP:
1. Bubarkan Kodam, Kodim, Korem, Babinas. Intinya, tarik militer (TNI-Polri) organik dan non organik dari seluruh tanah Papua.
2. Hentikan eksploitasi dan tutup seluruh perusahaan milik iperialisme di seluruh Papua.
3. Berikan kebebasan dan self determination bagi rakyat Papua sebagai solusi demokratis.


Hingga aksi damai ini selesai, masa aksi terlihat berjalan kaki kembali ke Jl. Kusuma, Asrama Papua. Sementara itu, sebelum masuk ke dalam Asrama Papua, bendera Bintang Kejora sempat dikibarkan beberapa saat. (Abraham Goo/BEKO)
Peringati Hari Aneksasi, AMP Yogyakarta Gelar Aksi Damai Reviewed by Majalah Beko on 21.38.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.