Breaking News

Berita

Suku Wate Siap Layani Warga Nabire di Distrik Yaro Untuk Beli Lokasi Tanah

Suasana saat rapat berlangsung di Kantor Distrik Yaro. Foto: YD/BEKO.
Nabire, MAJALAH BLACK KOTEKA - - Kepala Suku Wate di Wilayah Yaro, Nabire, Yordan Yahon mengatakan, masyarakat Suku Wate siap menerima warga Nabire untuk membeli lokasi tanah pada rapat yang digelar di Kantor Distrik Yaro, Selasa (12/05/15) pukul 12.00 WPB. Rapat tersebut dipimpin Kepala Suku Wate di Wilayah Distrik Yaro bersama sekretarisnya dan beberapa Kepala Dusun Yaro serta warga setempat.

Kepada masyarakat setempat, Yoran mengatakan, masyarakat setempat dikumpulkan pada rapat ini untuk mengisi lokasi tanah yang kosong, karena tanah sudah disediakan bagi masyarakat.

“Kami mengadakan rapat ini untuk  mengumpulkan masyarakat agar bisa mengisi  tempat kosong yang ada.  Sehingga itu, masyarakat jangan ragu dengan tanah, karena tanah  tersebut kami sudah sediakan bagi masyarakat,” jelasnya.

Yoran telah menyediakan tanah berukuran 25x50 meter kepada masyarakat. Untuk mendapatkan lokasi tanah tersebut, masyarakat diharuskan membayar Rp.5.000.000,-. Uang tersebut hendak digunakan untuk mengurus surat pelepasan tanah adat dan sertifikat tanah.

“Kami sediakan tanah dengan ukuran 25x50 untuk masyarakat. Oleh sebab itu, kami mohon kepada seluruh masyarakat, beberapa syarat yang harus dipersiapkan untuk masuk lokasi baru yang kami sediakan. Untuk itu, kami dari Suku Wate mengharapkan kepada masyarakat bayarkan senilai Rp.5.000.000,- (Lima Juta Rupiah). Uang ini untuk mengurus surat pelepasan tanah adat dan sertifikat tanah,” ungkapnya.

Sementara itu, kepada Majalah Black Koteka, Sekretaris Suku Wate, Ayub Aho mengatakan, lokasi tanah ini ditawarkan untuk menciptakan kerja sama yang harmonis.

“Dengan membuka lokasi ini, untuk menciptakan kerja sama yang harmonis. Jika kegiatan akan dilaksanakan, harus kerja gotong-royong,” tuturnya.

Ayub menambahkan, pembelian lokasi tanah tersebut akan dibantu pihak suku Wate dengan menyediakan nomor undian untuk menempati lokasi yang telah disediakan.

“Yang akan membeli itu tidak sendiri memilih tanah tersebut. Tapi, kami pihak Suku Wate akan menyediakan nomor undian untuk menempati lokasi,” jelasnya.

Pungkasnya, “Kami juga akan di-back dalam pengurusan pelepasan tanah adat dan sertifikat tanah. Maka itu, apabila ada uang, dipercepat agar urus dengan tidak merepotkan.”

Menurut pantauan Majalah Black Koteka, Kepala dan Sekretaris Suku Wate memberikan kepercayaan kepada masyarakat yang  datang untuk membentuk kepanitiaan. Kepanitiaan dibentuk untuk mendata masyarakat yang akan menempati lokasi tanah yang disediakan dan merangkul beberapa orang yang hadir dalam rapat yang dilaksanakan tersebut.

Sementara itu, seorang warga Yaro, Yunus Pakage menyampaikan ucapan terima kasih kepada suku Wate atas lokasi tanah yang disediakan untuk masyarakat setempat. “Saya ucapkan terima kasih kepala suku Wate karena saat ini, kami datang sedang haus dengan tanah,” katanya.

Yunus mengatakan, masyarakat tidak menginginkan masalah pada tanah yang hendak dibeli, sehingga Suku Wate harus mempertimbangkannya matang-matang sebelum dijual. “Kami mau tanah tersebut tidak bermasalah dengan masyarakat dan orang lain yang ada,” jelasnya.

Pungkasnya, “Melihat dengan masalah tanah sedang terjadi di mana-mana pada Kabupaten Nabire, sehingga kami mohon kepada Suku Wate, masalah tanah harus dipertimbangkan sebelum kami menempati tanah tersebut.” (Yohanes Dogomo/BEKO)
Suku Wate Siap Layani Warga Nabire di Distrik Yaro Untuk Beli Lokasi Tanah Reviewed by Majalah Beko on 11.25.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.