BREAKING NEWS

Berita

100 ribu Alkitab untuk 100 ribu Jiwa: Warga Yahukimo Butuh Bantuan Finansial Pelayanan Alkitab

100 ribu Alkitab untuk 100 ribu Jiwa. Foto: IT/Beko.
Yahukimo, Beko - - Ibukota Kabupaten Yahukimo di Papua secara resmi bertempat di Sumohai, namun karena keterbatasan fasilitas mengakibatkan pusat pemerintahan sementara masih berada di Dekai. Kabupaten Yahukimo memiliki luas wilayah 17.152 km/segi. Yahukimo memiliki 51 distrik (kecamatan), 518 kampung dan 1 kelurahan. Jumlah penduduk di Yaukimo pada tahun 2012 sebesar 288.781 jiwa. Data ini diambil dari Buku “100 ribu Alkitab untuk 100 ribu Jiwa” oleh Lembaga Alkitab Indonesia Perwakilan Jayapura di Abepura, Jayapura, Minggu (21/06) siang.

Dikatakan, Yahukimo merupakan singkatan dari empat suku besar di Kabupaten Yahukimo. Ya diambil dari nama suku Yali, Hu diambil dari nama suku Hupla, Ki diambil dari nama suku Kimyal, dan Mo diambil dari nama suku Momuna.

Untuk menjangkau distrik-distrik di kabupaten tersebut, kita harus menggunakan pesawat kecil dengan biaya tiket yang mahal. Bahkan, perjalanan antar kampung terkadang mesti ditempuh berhari-hari via  perjalanan darat. Keterbatasan transportasi mengakibatkan kelangkaan pemasaran hasil hutan, kebun, dan buruan. Sehingga, tingkat ekonomi pun sangat rendah.

Selain itu, masyarakat di Yahukimo dilayani oleh 6 denominasi gereja, yakni GIDI, GKI di tanah Papua, GBI, GKIP, Gereja Baptis, dan Katolik dengan jumlah penduduk Kristen sebesar 98.776 jiwa. Hanya sedikit umat dan pendeta atau majelis, pewarta atau katekis setempat yang memikili Alkitab. Kalaupun ada Alkitab, mereka sudah sangat usang dan sulit membaca. Sehingga, pihak Lembaga Alkitab Indonesia menerjemahkan ke dalam bahasa daerah setempat dan menyediakan Alkitab bagi umat yang terisolir, baik itu Bahasa Yahukimo, Bahasa Mee Paniai, serta yang lainya. Sehingga, warga Yahukimo membutuhkan bantuan finansial dalam pelayanan tersebut. (Isodorus Tebai/Beko)
100 ribu Alkitab untuk 100 ribu Jiwa: Warga Yahukimo Butuh Bantuan Finansial Pelayanan Alkitab Reviewed by Majalah Beko on 19.46.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.