BREAKING NEWS

Berita

Kosapa Gelar Diskusi “Baca Sastra Papua dalam Sastra Indonesia”

Potret bersama seusai diskusi "Membaca Sastra Papua dalam Sastra Indonesia" digelar. Foto: IT/Beko.
Jayapura, Beko - - Memperingati Hari Sastra Indonesia pada 03 Juli, Komunitas Sastra Papua (Kosapa) bersama Jhon Waromi menggelar diskusi “Membaca Sastra Papua dalam Sastra Indonesia”. Diskusi tersebut digelar di Aula Asrama Tunas Harapan, Padang Bulan, Abepura, Jayapura, Papua, Sabtu (04/07) pukul 08.00 WPB hingga 13.20 WPB.

Dalam diskusi tersebut, Ketua Panitia Diskusi, Hendrikus Yeimo mengatakan,  “Membaca Sastra Papua dalam Sastra Indonesia” digelar untuk menelusuri jejak, tokoh, dan perkembangan sastra Papua.

“Diskusi-diskusi seperti ini, kami mencari jejak sastra sudah sejauh mana dan perkembangan sampai di mana. Diskusi-diskusi seperti ini, kami akan mencari solusi yang baik untuk kepentingan kita dan siapa sebenaranya tokoh sastra Papua,” jelasnya.

Tambah Yeimo, “Kami memperingati hari raya sastra itu sendiri, yakni hari lahirnya Mambesak. Maka itu, perlu gali ke dalam dari komunitas ini.”

Yeimo juga mengatakan, Kosapa akan membangun Papua melalui budaya lisan yang ada di Papua demi keselamatan budaya sendiri, pendidikan, politik, kesehatan, agama dan hukum.

Di tempat yang sama, Seniman Papua, Jhon Waromi mengatakan, dirinya diundang untuk mengikuti Frankfurt Book Fair, salah satu pameran buku tertua dunia di Jerman. “Kemarin, saya dihubungi untuk mengikuti acara pameran buku sastra,” kata seniman dan aktor flim asal Papua tahun 1993-an tersebut.

Seperti yang diliris detik.com, Indonesia menjadi tuan rumah untuk tahun 2015. Pameran yang akan diikuti sekitar 120 negara itu digelar pada 13-18 Oktober 2015.

Dalam kegiatan tersebut, dari Papua, Waromi akan membawa dua buku karyanya sendiri, yakni novel dan puisi.

Waromi mengajak peserta diskusi untuk terus membiasakan diri dalam menulis. “Kita harus tulis. Tulis dalam bentuk apapun untuk biasakan diri, itu baik maupun yang tidak baik,” ajaknya.

Selain Waromi, Ketua Kosapa, Andy Tagihuma juga memaparkan materi di diskusi tersebut. (Daniel Badii/Beko)
Kosapa Gelar Diskusi “Baca Sastra Papua dalam Sastra Indonesia” Reviewed by Majalah Beko on 20.34.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.