BREAKING NEWS

Berita

Oktober Mendatang, Indonesia Menjadi Tuan Rumah Frankfurt Book Fair di Jerman

Jhon Waromi, seniman senior Papua. Foto: IT/Beko.
Jayapura, Beko - - Tahun 2015, Indonesia diundang dan sebagai tuan rumah dalam Frankfurt Book Fair, salah satu pameran buku tertua dunia di Jerman.

Seperti yang diliris detik.com, Indonesia menjadi tuan rumah untuk tahun 2015. Pameran yang akan diikuti sekitar 120 negara itu digelar pada 13-18 Oktober 2015.

Kepada wartawan seusai diskusi “Membaca Sastra Papua dalam Sastra Indonesia” oleh Komunitas Sastra Papua (Kosapa) di Padangbulan, Abepura, Jayapura, Sabtu (04/07) siang, Jhon Waromi, seniman senior Papua mengatakan,  tema Frankfurt Book Fair digarap terkait semua karya sastra di Indonesia. Dirinya diundang untuk mengikuti pameran tersebut.

“Tahun ini, tema-tema yang digarap menyangkut semua karya sastra di seluruh Indonesia. Jadi, saya dihubungi awal tahun kemarin oleh calon duta besar (Dubes) Indonesia di Jerman Usi Bowo,” katanya.

Lanjut Jhon, ketika Usi Bowo kalah bersaing dengan Jokowi merebut kursi Gubernur Daerah Kota Istimewa (DKI) Jakarta itu, dia kemudian diklop menjadi dubes di Jerman untuk Indonesia. Agenda utama untuk Indonesia di Jerman itu, pameran dukung sastra sedunia di Jerman.

Seniman dan juga aktor film tahun 1993-an ini mengatakan, semua karya sastra menjadi fokus utama bersamaan dengan Indonesia sebagai tuan rumah di  Frankfurt Book Fair. “Indonesia kebetulan diundang jadi negara penyelenggara tuan rumah untuk acara ini. Jadi, fokus itu semua karya Indonesia,” tuturnya.

Selain seniman dan aktor film, dirinya juga seorang novelis dan penyair. Dia salah satu penulis Papua yang diundang. Ada dua jenis karyanya, yakni novel dan buku-buku puisi. Karya itu sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris-Jerman.

“Jadi, sudah pasti bulan Oktober, saya akan berangkat ke Jerman dan panitianya dari Indonesia yang akan dibiyayai ke Jerman. Banyak sastrawan yang akan diberangkatkan ke sana dan saya salah satu dari Papua yang akan mewakili ke Jerman,” jelasnya.

Jhon mengharapkan, dalam waktu dekat, karya-karyanya itu dapat diluncurkan dengan tiga versi bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman. (Isodorus Tebai/Beko)
Oktober Mendatang, Indonesia Menjadi Tuan Rumah Frankfurt Book Fair di Jerman Reviewed by Majalah Beko on 21.22.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.