Breaking News

Berita

Dekan FISIP USWIM Nabire Yudisiumkan 231 Mahasiswa FISIP

Mahasiswa FISIP USWIM Nabire saat yudisium. Foto: YD/Beko.
Nabire, Beko - -  Dekan Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Satya Wiyata Mandala (USWIM) Nabire, Drs. Eduart L. Pesiwarissa, M.Si. meyudisiumkan 231 mahasiswa FISIP di Kampus USWIM, Nabire, Papua, Selasa (22/09/2015) pagi.

Diketahui, FISIP USWIM terdiri dari tiga program studi, yakni Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Program Studi Ilmu Pemerintahan, dan Program Studi Ilmu Administrasi  Bisnis.

231 mahasiswa FISIP yang diyudisiumkan terdiri dari 59 mahasiswa Program Studi Ilmu Adminstrasi Negara, 21 mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis, dan 151 mahasiswa Ilmu Pemerintahan.

Dalam sambutan, Drs. Eduart L. Pesiwarissa, M.Si. mengatakan, yudisium merupakan kewajiban setiap perguruan tinggi di Indonesia dan hak mahasiswa yang telah menyelesaikan kredit semester dan SKS di program studi yang bersangkutan.

“Yudisium merupakan satu acara yang wajib sebuah perguruan tinggi di dalam Negara Indonesia pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS),” jelasnya.

Lanjut Eduart, “Karena itu merupakan haknya dari seorang mahasiswa yang mengikuti jenjang pendidikan dan telah menyelesaikan setiap kredit semester maupus SKS yang ada pada program studi yang bersangkutan.”

Hari ini, tambah Eduart, 231 mahasiswa FISIP telah memenuhi 169 kredit semester diyudisiumkan berdasarkan akademik USWIM dan kurikulum di tiap program studi.

Eduart mengharapkan, 231 mahasiswa yang hendak diwisudakan pada 22 Oktober 2015 mendatang harus menjaga nama baik almamater di mana saja mereka berada, baik dalam pemerintahan, swasta, organisasi, dan masyarakat.

Karena, menurut dia, di belakang nama 231 mahasiswa tersebut sudah dibubuhi gelar yang diperoleh sesuai jurusan tiap mahasiswa.

Di sisi lain, dalam sambutan, Rektor USWIM Nabire, Drs. Petrus Isak Suripaty, M.Si. mengatakan, mahasiswa yang baru saja diyudisiumkan memiliki hak dan kewenangan dengan gelar yang didapat berkat pertolongan dan anugerah Tuhan.

Dikatakan Petrus, yudisium merupakan proses penentuan kelulusan seorang mahasiswa.

“Upacara Yudisium adalah terdidik, bermakna, dan pematang atau pemberian gelar kesarjanaan, karena mahasiswa setia dan berjuang dibangku perkuliahan dan berbayar lunas uang semester lain yang ditawarkan oleh fakultas,” jelasnya.

Di USWIM, lanjut Petrus, yudisium menunjukan eksistensi dan kemampuan mahasiswa dan bukan hal baru yang dilakukan.

“Yudisium bukan sejarah baru hari ini, karena yudisium dilaksanakan hari ini, yang ke-11 dan mahasiswa menunjukkan keberadaan kita dimana saja sebagai mahasiswa, kemampuan, kelebihan, dan keterampilan kita yang dimiliki dari kampus ini,” jelasnya pula.

Sementara itu, kepada Beko Online, seorang mahasiswa yang baru saja diyudisiumkan, Yermias Dogomo  mengucapkan terima kasih kepada tiap ketua program studi FISIP serta para dosen USWIM Nabire.

“Kami peserta Yudisium banyak terima kasih ketiga ketua Program Studi, yaitu Ilmu Pemerintahan, Administrasi Negara, dan Administrasi Bisnis, serta semua dosen yang ada di Kampus Uswim Nabire,” tuturnya.

Lanjut Yermias, “Selama perkuliahan dari semester I-VIII, sehingga kami mahasiswa bisa Yudisium dan mendapati gelar sesuai jurusan kami.”

Sehingga, tambah dia, proses perkuliahan di USWIM harus ditingkatkan untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Papua yang berguna bagi sesama.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Beko Online, yudisium ini dikategorikan menjadi 3, yakni 1). mahasiswa murni adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan sampai dengan semester I sampai VIII serta mengikuti PKN, proposal, dan ujian skripsi. 2). Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan studi diploma I, II, maupaun III pada perguruan tinggi sebelumnya dan mengikuti perkuliahan, sehingga mahasiswa yang bersangkutan telah mengikuti PKN, proposal maupun ujian skripsi. 3). Mahasiswa ahli jalur adalah mahasiswa sesuai dengan ketentuan, sehingga dapat menyelesaikan perkuliahan pada Fakultas FISIP dari semester I-VIII atau lebih sesuai dengan kurikulum yang telah mengikuti PKN, proposal dan ujian skripsi. (Yohanes Dogomo/Beko)
Dekan FISIP USWIM Nabire Yudisiumkan 231 Mahasiswa FISIP Reviewed by Majalah Beko on 19.19.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.