BREAKING NEWS

Berita

Ipmapuja Malang Gelar Diskusi Terbuka “Pentingkah, Pendidikan Bahasa Daerah?”

Diskusi pelajar dan mahasiswa dalam paguyuban Ipmapuja Korwil Malang. Foto: NE/Beko.
Malang, Beko - - Bahasa daerah bukan hanya sekedar warisan nenek moyang yang telah diwariskan secara turun-temurun, namun bahasa daerah lebih sebagai jati diri kita sebagai orang adat Papua. Jika bahasa daerah kita punah, maka jati diri kita juga ikut punah.

Ungkapan ini disampaikan Ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya (Ipmapuja) Koordinator Wilayah  (Korwil) Malang Raya, Yunison Wonerengga dalam diskusi terbuka dengan tema ”Pentingkah, Pendidikan Bahasa Daerah?” yang diselenggarakan oleh Ipmapuja Malang Raya di Sekretariat Ipmapuja, Jalan Bunga Vinolia No. 33, Kota Malang, Minggu (27/9/2015).

“Ini adalah diskusi pertama yang kami adakan, saya harap diskusi seperti ini terus kita adakan untuk ke depannya, sehingga kita bisa mengetahui isu-isu yang terjadi di tanah Papua,” kata mahasiswa Jurusan Perikanan Brawijaya itu.

Pantauan Beko Online, belasan pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam paguyuban mahasiswa asal Puncak jaya (Ipmapuja) menghadiri diskusi ini.

Diskusi ini membahas 2 bahasa etnis Papua yang telah punah, yakni bahasa Saponi dari Yapen dan bahasa Mapia dari distrik Mapia di Kabupaten Dogoyai, Provinsi Papua.

Pada kesempatan yang sama, senioritas Paguyuban Ipmapuja Korwil Malang, Zayur Bingga mengatakan kurangnya regenerasi budaya menjadi salah satu faktor kepuhanan bahasa etnis di Papua.

“Papua memiliki lebih dari 100 bahasa etnis dan 7 wilayah adat, namun sebagian besar bahasa adat di Papua hampir punah karena kurangnya regenerasi budaya, sehingga diskusi bebas seperti ini harus ditingkatkan, terutama kepada kalangan pelajar dan mahasiswa untuk menanamkan rasa cinta pada adat dan budayanya sendiri,” jelasnya.  (Neson Elaby/Beko)
Ipmapuja Malang Gelar Diskusi Terbuka “Pentingkah, Pendidikan Bahasa Daerah?” Reviewed by Majalah Beko on 10.34.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.