Breaking News

Berita

PNS Nabire: Pelantikan Eselon II dan III Kurang Transparan

Beberapa PNS dan Polisi, serta Sat Pol PP di depan Kantor Bupati Nabire. Foto: YD/Beko.
Nabire, Beko - - Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Nabire menilai, pelantikan dan rolling jabatan eselon II dan III yang dilantik Bupati Karateker Nabire, Sendius Wonda yang digelar di ruang Sekda Nabire pada Senin (14/09/15) pagi, tertutup dan kurang transparan.

Hal ini disampaikan seorang PNS Nabire yang enggan menyebutkan namanya kepada Beko Online, di Kantor Bupati Nabire, Senin (14/09/15) siang.

“Untuk mau melakukan pelantikan itu harus dilaksanakan lapangan atau gedung terbuka,” katanya.

Dirinya mengatakan, keterbukaan itu sangat diperlukan pihak pemerintah dan masyarakat untuk mengetahui pemimpin mereka.

Sementara itu, dalam wawancara kepada Beko Online di kesempatan yang sama, seorang PNS yang enggan menyebutkan namanya juga mengatakan, sebaiknya, pelantikan digelar di Gedung Guest House, Jalan Merdeka, Nabire supaya masyarakat  dan PNS di Nabire bisa menyaksikan bersama.  

Lanjut dia, pelantikan semacam ini jangan terlalu tertutup, tetapi cobalah cari tempat yang terbuka.

Dirinya menilai, sosok pemimpin atau pejabat daerah harus transparan bagi seluruh PNS dan masyarakat, bahkan lembaga serta kepala suku di Nabire, sebab Eselon II dan III yang baru dilantik ini merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan banyak orang dan harus terbuka.

Dirinya mengherankan berbagai pihak keamanan yang menghadiri pelantikan ini. “Sangat diherankan ketika berlangsung pelantikan itu berbagai pihak keamanan yang hadir,” katanya.

Lanjutnya, “Apalagi pelantikannya di ruang sekda tertutup, tapi kenapa sampai pihak keamanan bisa hadir begitu banyak.”

Sebenarnya, tambah dia, pihak pemerintah juga mempunyai keamanan, yakni Satuan Pol PP (Polisi Pamong Praja).

Dirinya juga mempertanyakan tugas dan tanggung jawab Satuan Pol PP. “Apa fungsi dan tanggung jawab yang diberikan dan dipilih Sat POL PP ini?” tuturnya.

Sementara itu, belum lama ini kepada Beko Online, seorang Kepala Suku di Nabire yang enggan menyebutkan namanya mengatakan hal serupa.

“Jangan tertutup untuk pelantikan pemimpin terbuka, bagusnya seperti penyelesaian masalah, sebab kedua pihak dilahirkan sebagai pelaku masalahnya,” katanya.

Dirinya mengharapkan, ke depannya, pemimpin daerah di Nabire tidak melakukan hal yang sama. “Ke depan, jangan seperti saat ini, tapi carilah tempat atau gedung yang luas  untuk menyaksikan atas pelantikan yang berlangsung,” harapnya. 

Seperti yang dilansir www.nabire.net, Bupati Karateker Nabire melantik tiga pejabat eselen. Ketiga pejabat eselon 3 yang dilantik dan diambil janji tersebut masing masing Kepala Dinas Kebersihan, Pemakaman & Pertamanan yang dijabat oleh Derek Nurlete menggantikan Pejabat Lama, Yeremias Pakage, kemudian Yeremias Pakage diangkat menjadi Sekretaris Badan Lingkungan Hidup, dan Hendrik Sarwom diangkat menjadi Sekretaris Kesbangpol & Linmas kabupaten Nabire menggantikan Derek Nurlete. (Yohanes Dogomo/Beko)

PNS Nabire: Pelantikan Eselon II dan III Kurang Transparan Reviewed by Majalah Beko on 10.28.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.