Breaking News

Berita

Profesor J. E. Sahetapy: Yang Disukai Orang Barat Bukan Orang Papua, Tetapi Kekayaan Papua

Prof. J. E. Sahetapy memberikan buku kepada mahasiswa yang bertanya dalam seminarnya. Foto: NE/Beko.
Malang, Beko - - Yang disukai orang Barat bukan orang Papua, tetapi kekayaan Papua. Ungkapan ini disampaikan Profesor  J. E. Sahetapy dalam materi seminarnya di acara Camp dan Perkenalan Mahasiswa Baru Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (Ipmapa) Surabaya. Kegiatan ini digelar di Aula Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) Bandulan, Kota Malang pada 18-20 September 2015.

“Politik kekerasan yang terjadi di Papua saat ini adalah rekayasa sekelompok orang untuk kepentingan kalangan tertentu untuk menguasai kekayaan Papua yang melimpah banyaknya, bukan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Papua, kata Guru Besar Emeritus Universitas Airlangga Surabaya itu, Sabtu (19/09/15).

Selain itu, pakar hukum dan HAM yang selalu menyuarakan masalah hukum di Indonesia itu mengatakan, negara hukum ada jika demokrasi dan HAM ditegakkan. “Demokrasi tidak bisa berkembang kalau tidak ada Hak Asasi Manusia. Demokrasi dan Hak Asasi Manusia  hanya bisa bereksistensi kalau ada Negara Hukum,” ungkap professor yang sering diundang di acara Indonesian Lawyers Club (ILK) itu.

Dikatakannya, negara hukum harus menerapkan konsep rule of law. “Yang dimaksud dengan negara hukum di sini yaitu, bila diwujudkan secara konsisten dan konsekuen apa yang lazim dinamakan rule of law,  bukan rule by law, apalagi rule above law,” jelasnya.

Selama tidak ada rule of law, tambahnya, demokrasi akan berubah menjadi demo-crazy.

Dalam penutupan meterinya, Profesor Sahetapy mengatakan, orang yang membangun Papua adalah orang-orang  yang memiliki hati Papua, bukan orang-orang Papua.

Materi HAM yang dibawakan Profesor Sahetapy ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan pembagian buku kepada setiap mahasiswa yang bertanya. (Neson Elabi/Beko)
Profesor J. E. Sahetapy: Yang Disukai Orang Barat Bukan Orang Papua, Tetapi Kekayaan Papua Reviewed by Majalah Beko on 11.32.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.