BREAKING NEWS

Berita

Gelar Debat Kandidat Presma dan Wapresma, MPM dan Panitia Sidang Umum ke-X Unipa Minta Kandidat Jaga Sportifitas dan Keamanan

Kandidat Mansor Ap (Capresma) - Saniatur Rohmah (Cawapresma) sedang memaparkan visi dan misi kepada publik di Stan Home Band Unipa, Sabtu (17/10/15) siang. Foto: AP/Beko.
Manokwari, Beko - - Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) dan Panitia Sidang Umum ke-X Organisasi Struktural Mahasiswa Universitas Papua (Unipa) menggelar Debat Kandidat Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa Unipa periode 2015/2016. Debat kandidat secara transparan ini digelar di Stan Home Band, depan Fakultas Ekonomi (Fekon) Unipa, Sabtu (17/10/15) siang.

Pantauan Beko Online, debat ini diawali dengan pemaparan visi dan misi tiap kandidat dan tanya-jawab antar kandidat, publik atau mahasiswa, serta penalis atau tim juri sebagai akhir debat.

Tiga penalis atau juri yang terdiri dari Pembantu Rektor III Unipa, Anike Monim, Ketua Program Studi (Prodi) Pangan Fakultas Perkebunan Unipa, Baso Daeng, SP, M.Si., dan Pembantu Wakil Dekan III Fakultas Perkebunan Unipa, Risal Husein, SP, M.Si., serta Presma Unipa, Pengurus MPM, para Pengurus BEM Fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kerja Mahasiswa (UKM) dan ratusan mahasiswa Unipa sebagai massa pendukung para kandidat menghadiri debat yang dipandu oleh Utari Sanca Asmarani, mahasiswi Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTPP) Unipa.

Ketika ditemui Beko Online di Sekretariat BEM Unipa, Sabtu (17/10/15) malam, Ketua PMP Unipa, Yuliana Mate mengatakan, debat kandidat ini transparan dan perdana di Unipa.

“Sebelumnya, debat kandidat biasa satu paket dalam sidang sebelum pemilihan dilaksanakan dan itu tertutup. Tapi, kali ini kami mencoba memisahkan debat ini ke tempat umum dan seperti tadi, akhirnya bisa berjalan dengan aman. Jadi, debat kandidat semacam ini yang pertama di Unipa,” jelas mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unipa itu.

Dikatakannya, para kandidat harus menjaga keamanan dan sportifitas, serta besar hati dalam menerima hasil pemilihan presma dan wapresma Unipa nanti.

“Dari keempat calon, keamanan perlu kita jaga bersama, karena ini momen politik di luar juga, jangan sampai orang luar menggangu kegiatan ini. Kami banyak bicara keamanan ini dan ini menjadi hal yang penting bagi kami, karena kegiatan ini dari mahasiswa dan untuk mahasiswa. Jadi, keamanan harus dijaga oleh masing-masing kandidat,” katanya.

Lanjutnya, “Ketika pemilihan nanti, kita siap untuk berkompetisi, berarti kita siap menerima kekalahan, jadi para kandidat harus menjaga sportifitas hingga selesai pemilihan.”

Hal serupa disampaikan Ketua Panitia Sidang Umum ke-X Organisasi Struktural Mahasiswa Unipa, Alfrith Pekei kepada Beko Online dalam kesempatan yang sama.

“Menang dan kalah, dia harus terima kenyataan itu, karena dalam suatu pertandingan atau permainan, pasti ada menang dan kalahnya. Jadi itu yang kami tekankan di sini,” kata mahasiswa Fakultas Peternakan Unipa itu.

Selain itu, Alfrith mengatakan, pemilihan presma dan wapresma Unipa ini merupakan kegiatan demokrasi tertinggi bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa harus berkompetisi dengan sehat.

“Kegiatan ini harus terlaksana dengan baik, karena ini kegiatan demokrasi kampus untuk mahasiswa yang sangat besar dan tertinggi,”

Lanjutnya, “Para kandidat atau calon presma dan wapresma dapat berkompetisi dengan baik, tenang, dan aman agar semua bisa terselenggara dengan baik.”

Untuk hari pelaksanaan pemilihan, kata dia, belum bisa dipastikan dan akan disesuaikan dengan proses perkuliahan di kampus Unipa.

Sebelumnya, bersama Panitia Sidang Umum ke-X Organisasi Struktural Mahasiswa Unipa, MPM Unipa menggelar verifikasi dan mengumumkan hasil verifikasi empat kandidat presma dan wapresma Unipa pada Kamis (08/10/15) lalu di Sekretariat BEM Unipa.

Hingga sore hari, debat ini berakhir dengan aman. (AP/Beko)
Gelar Debat Kandidat Presma dan Wapresma, MPM dan Panitia Sidang Umum ke-X Unipa Minta Kandidat Jaga Sportifitas dan Keamanan Reviewed by Majalah Beko on 22.55.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.