Breaking News

Berita

SMA Adhi Luhur Nabire Gelar Festival Budaya 2015

Tarian Yospan diperagakan oleh Suku Pesisir Papua. Foto: IT/Beko.
Nabire, Beko - - Sekolah Menengah Atas (SMA) YPPK Adhi Luhur, Kolese Le Coqo d’Armandville kembali menggelar Festival Budaya di halaman sekolahnya, Jalan Merdeka Nabire, Sabtu (31/10/15).

Dengan tema "Aku Bangga Mengenal Budayamu",  acara yang selalu diselenggarakan dua tahun sekali itu dibuka oleh Bupati Karateker Nabire, Sendius Wonda.

Pantauan Beko Online, festival ini dihadiri perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) Nabire, para undangan, terlebih para orang tua siswa SMA Adhi Luhur Nabire.

Sekitar 500 pengunjung meramaikan festival ini, terhitung dari, para guru SMA Adhi Luhur, para undangan dan simpatisan.

Beberapa siswa berpakaian adat Koteka (pakaian adat laki-laki Pegunungan Papua dan Moge (pakaian adat perempuan Pegunungan Papua) memasuki arena utama dari dua pintu yang didesain khas Papua. 

Ketika ditemui Beko Online, seorang penampil tarian sekaligus aktor drama Pegunungan Tengah Papua, Alex Youw mengatakan, dirinya sangat bangga atas terselenggarakannya Festival Budaya kali ini.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam drama, dirinya berperan sebagai kepala suku perwakilan Distrik Kamuu, Kabupaten Dogiyai, sedangkan teman-temannya juga berperan sebagai kepala suku mewakili wilayah lain di Meepago, seperti Mapia, Tigi, dan Paniai, serta Pegunungan Tengah Papua, umumnya.

Tambah dia, siswa Adhi Luhur asal Pegunungan Tengah Papua membawakan sebuah drama yang biasa ditampilkan pada Festival Budaya sebelumnya.

“Pada umumnya, kami bagian wilayah Pegunungan Tengah Papua satu. Kami tampilkan drama dengan judul besar yang kami tentukan dan biasanya ditampilkan sebelumnya, yakni Pemberian Nama Adat, diakhiri dengan Wani/Tupe (Bahasa Mee: Nyanyian) dan Waita (Bahasa Mee: Tarian) bersama,” jelasnya.

Selain Pegunungan Tengah Papua, festival ini dimeriahkan pula oleh setiap suku yang ada di sekolah Jesuit itu dengan pakaian adat mereka masing-masing.

Tarian Yospan (Yosim Pancar) yang diperagakan Suku Pesisir Papua secara bersama mengundang para tamu kembali mengikuti acara inti. Acara inti diawali sebuah drama. (IT/Beko)
SMA Adhi Luhur Nabire Gelar Festival Budaya 2015 Reviewed by Majalah Beko on 16.47.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.