BREAKING NEWS

Berita

Tindakan yang Salah, Massa Pembela Keadilan Ditangkap Semena-Mena

Oleh Mesak Pekei
Salah seorang biarawan Katolik dari Ordo Fransiskan Provinsi Papua, Yulianus Pawika ketika diintimidasi polisi di Abepura, Kamis  (08/10/15). Foto: Jubi/Beny Mawel.
Apa Ini Salah Pembela Keadilan atau Penegak Hukum?
Para frater dan suster ditangkap para penegak hukum saat aksi keadilan menuntut penuntasan kasus pembunuhan anak sekolah di Enarotali, Kabupaten Paniai pada 8 Desember 2014 yang hingga saat ini belum juga tuntas.

Para frater dan suster adalah pembela keadilan yang memiliki norma-norma agama serta norma pemerintah yang wajib dijalankan oleh mereka menyangkut keadilan itu. Mengapa? Karena tugas dan kewajiban mereka harus mengambil tindakan sesuai fungsi mereka, jika hal itu tidak dituntaskan oleh para pengambil kebijakan, seperti KONTRAS, KOMNAS serta lembaga keadilan lainnya.

Hal ketidakwajaran ini dilakukan oleh para penegak hukum di negeri ini. Suster dan frater ditahan demi membela keadilan di negeri ini. Hal ketidakadilan yang dilakukan oleh TNI/POLRI kepada frater dan suster yang dilansir tabloidjubi.com beberapa hari lalu di Jayapura Papua.  Selama dua jam, para suster dan frater ditahan di Polres Jayapura. Setelah dua jam kemudian, mereka dikeluarkan dari tahanan.

Tugas dan
Tanggung Jawab yang Dilakukan oleh TNI/POLRI
Apakah mereka mengerti fungsi kerja serta norma-norma undang-undang dari pihak keamanan? Pertanyaan ini harus dijawab oleh para penegak hukum itu sendiri, serta mereka harus mengerti tentang jalur tugas yang mereka jalankan.

Sementara itu, pihak media nasional dan internasional tidak terjangkau untuk meliput berita ini.

Kasus demi kasus bertumpukan, hingga saat ini belum juga diselesaikan. Para aktivis menjadi korban, para suster biara menjadi korban, para pembela keadilan di negeri ini menjadi korban atas semua kenyataan yang terjadi di Negeri Papua.

Semua kenyataan yang terjadi seakan tidak memihak pada siapa yang harus dipihaki. Namun, yang terjadi adalah memihak kepada sekelompok orang yang memiliki wewenang.

Entah salah siapa?! Namun, kenyataan tidak sesuai pemikiran yang sebenarnya. (****)
Tindakan yang Salah, Massa Pembela Keadilan Ditangkap Semena-Mena Reviewed by Majalah Beko on 17.30.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.