Breaking News

Berita

Yan Balyo: Mental dan Karakter Sangat Berpengaruh dalam Jiwa Seorang Pemimpin

Pembina IMPT Manokwari, Yan Balyo sedang memaparkan materi "Kepemimpinan" kepada 193 calon anggota IMPT Manokwari di Sekretariat Wisma Gamei Putra, Sabtu (03/10/15) pagi. Foto: YU/Beko.
Manokwari, Beko - - Mental dan karakter kepemimpinan sangat berpengaruh dalam jiwa seorang pemimpin di pemerintahan dan masyarakat.

Hal ini disampaikan Yan Balyo, Pembina Ikatan Mahasiswa Pegunungan Tengah (IMPT) Manokwari, ketika ditemui Beko Online seusai memaparkan materi “Kepemimpinan” kepada 193 calon anggota IMPT dalam kegiatan Sambut Anggota Baru (SAB) IMPT 2015 di Sekretariat IMPT, Wisma Gamey Putra, Amban, Manokwari, Sabtu (03/10/15) pagi.

“Di sini kami membimbing kepada adik-adik bagaimana mental pemimpin ke depan, karena proses pembentukan mental ini yang akan menjadi tolak ukur untuk membangun wilayah, pemerintahan, maupun masyarakat. Maka di dalam kegiatan ini, kami turut membimbing adik-adik bagaimana pembentukan mentalitas kepemimpinan, kemudian karakter pemimpin itu sendiri seperti apa. Kita juga mengarahkan mereka, sikap dan tindakan apa yang harus dilakukan di dalam kepemimpinan itu,” jelasnya.

Selain itu, dirinya sangat berapresiasi kepada calon anggota baru yang telah belajar kepemimpinan.

“Kami sebagai pembina sangat bangga sekali, karena adik-adik kami dari 16 kabupaten di pegunungan tengah yang berstudi di Kota Manokwari telah belajar tentang kepemimpinan, terutama kami yang membawakan materi punya harapan besar,” tutur Dosen di Fakultas Sastra Unipa itu.

Menurut Yan, terdapat dua hal yang sangat penting dalam kegiatan IMPT ini. “Pertama, kesadaran antara pemimpin dan anggota dari 16 kabupaten untuk saling menolong. Kedua, kepedulian anggota IMPT untuk membangun daerah, tetapi tidak ada yang mendorong mereka untuk harus maju, baik dari pemerintah maupun dari lembaga-lembaga swasta, karena ini kader-kader kita,” katanya.

Lanjutnya, para pembina dan pemerhati daerah pegunungan tengah Papua di Manokwari harus bersatu untuk mendorong mahasiswa asal pegunungan tengah Papua supaya harus menjadi pemimpin di daerah mereka masing-masing.

“Sering kita hanya tinggalkan saja hal ini. Maka, kami yang tinggal di Manokwari selalu mengarahkan kepada adik-adik,” katanya lagi.

Dirinya yakin, anggota IMPT yang aktif dalam organisasi akan menjadi pemimpin handal.

“Kami sebagai Pembina dan dosen yakin, besok atau ke depan, mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin yang hebat, karena mereka sudah lalui dalam organisasi,” ujarnya. (Yuventius Ukago/Beko)
Yan Balyo: Mental dan Karakter Sangat Berpengaruh dalam Jiwa Seorang Pemimpin Reviewed by Majalah Beko on 09.36.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.