BREAKING NEWS

Berita

Mahasiswa Unipa: Setiap Jumat dan Dies Natalis Kampus, Civitas Academica Unipa Wajib Menggunakan Noken dan Pakaian Batik Papua

Ilustrasi. Foto: www.bukalapak.com
Manokwari, Beko Online - - Mahasiswa Universitas Papua (Unipa) menetapkan setiap Jumat dan Dies Natalis Kampus, keluarga besar kampus atau Civitas Academica Unipa wajib menggunakan Noken dan  Pakaian Batik Papua. Hal ini ditetapkan mahasiswa Unipa dalam Sidang Umum ke X Organisasi Struktural Mahasiswa Unipa, Jumat (13/11/15) hingga Sabtu (14/11/15) di Aula Utama Unipa Manokwari.

“Terkait Hari Noken dan Batik Papua, kami sudah bahas dan tetapkan dalam dalam Sidang Umum ke X Organisasi Struktural Mahasiswa Unipa kemarin,  bahwa di universitas ini harus ada Hari Noken dan Hari Batik Unipa. Mahasiswa dan dosennya diwajibkan menggunakan Noken dan Batik Papua setiap hari Jumat,” kata Ketua Panitia Sidang Umum ke X Organisasi Struktural Mahasiswa Unipa, Alfrith Pekei ketika ditemui Beko Online, Senin (09/11/15) siang di Aula Utama Unipa.

Selain itu, kata Alfrith, mahasiswa Unipa menetapkan Noken dan Pakaian Batik Papua harus digunakan dalam Dies Natalis Unipa dan digelar dalam bentuk Festival Budaya.

“Dalam hari raya Dies Natalis Unipa, kita harus bikin kegiatan yang lebih mencorak ke ciri khas orang asli Papua itu. Jangan kita adakan kegiatan-kegiatan yang keluar atau melenceng dari ciri khas Papua atau budaya Papua. Dalam hal ini kita harus buat kegiatan seperti Festival Budaya,” jelasnya.

Alfrith menilai, hal ini harus dilakukan dan mendapat persetujuan pihak Unipa untuk mempertahankan identitas orang asli Papua secara total.

“Kita harus benar-benar tunjukkan bahwa kita benar-benar ada di Universitas Papua dengan ciri khas orang asli Papua, supaya orang tahu Universitas Papua sangat jelas dengan identitasnya. Kita jangan adakan kegiatan lain yang dengan sengaja menghilangkan budaya Papua, karena kita ada di Papua, kuliah dan berada di lingkup Universitas Papua. Identitas kita orang asli Papua harus kita nyatakan secara totalitas,” jelasnya.

Pungkas Alfrith, penetapan Hari Batik dan Noken ini akan disampaikan panitia bersama mahasiswa ke pihak Unipa untuk dibahas dan ditetapkan dalam Rapat Senat Unipa. (AP)
Mahasiswa Unipa: Setiap Jumat dan Dies Natalis Kampus, Civitas Academica Unipa Wajib Menggunakan Noken dan Pakaian Batik Papua Reviewed by Majalah Beko on 14.23.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.