Breaking News

Berita

KNPB Konsulat Makassar: Trikora Awal Pelanggaran HAM di Papua, Indonesia Segera Gelar Referendum di Papua

KNPB Konsulat Makassar. Foto: DG.
Makassar, Beko Online - - Bertepatan dengan Hari Berdarah bagi Papua atau Trikora, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Konsulat mengadakan jumpa pers mengutuk tindakan Indonesia terhadap rakyat Papua dan meminta Indonesia segera menggelar referendum di Papua.

Ketua KNPB Makassar, Andy Eka Yeimo mengatakan, Trikora yang dikumandangkan Soekarno pada 19 Desember 1961 di alun-alun Selatan Yogyakarta itu adalah awal pelanggaran HAM di Papua yang dilancarkan oleh penjajah Indonesia.

“Trikora yang dikumandangkan pada tanggal 19 Desember 1961, 54 tahun yang lalu adalah hari pembunuhan dan pemusnahan bagi rakyat Papua Barat. Mala petaka itu terjadi pada saat Soekarno mengumandangkan pasukannya untuk menjalankan operasi militer di seluruh Papua. Hingga kini, Papua masih menjalankan penjajahan di West Papua. Pelanggaran HAM silih berganti terus menimpah di West Papua,” katanya.

Maka, lanjutnya, untuk menyelesaikan semua kekejaman yang terjadi di West Papua dan demi keadilan di dunia West Papua, Indonesia segera melakukan referendum di West Papua sebagai solusi demokratis bagi West Papua.

Terkait janji Presiden Indonesia, Jokowi akan menuntaskan masalah pelanggaran HAM di Papua, Andy menegaskan, Jokowi harus melihat kembali pelanggaran HAM pada 1961 hingga kini, 2015.

Selain itu, dirinya meminta Kapolda Papua dan Badan Intelejen Negara (BIN) menghentikan pengejaran dan tindakan teror terhadap KNPB dan aktivis kemanusiaan di Papua.

Dirinya juga mengajak mahasiswa Papua bersatu menyuarakan kebenaran dan keadilan atas tanah Papua. Karena menurut dia, jika mahasiswa Papua tidak bersatu, persoalan genosida Papua akan terus berlanjut.

(DG/Beko)
KNPB Konsulat Makassar: Trikora Awal Pelanggaran HAM di Papua, Indonesia Segera Gelar Referendum di Papua Reviewed by Majalah Beko on 21.28.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.