Breaking News

Berita

Kedubes Norwegia: Norwegia Telah Mentransfer Ilmu dan Teknologi Pengembangan Kawasan Pesisir & Kelautan Papua

Kedutaan Besar (Kedubes)  Norwegia untuk Indonesia, H. E. Mr. Stig Traavik dalam Kuliah Tamu (Guest Lecture) kepada mahasiswa di Aula Institut Teknologi Nasional Malang (ITN), Kamis (11/02/16). Foto: Panitia.
Malang, Majalah Beko - - Norwegia telah mentransfer teknologi dan ilmu kepada PT Yapen Mandiri Sejahtera untuk mengembangkan kawasan pesisir dan pengelolaan kelautan di Papua.

Hal ini disampaikan Kedutaan Besar (Kedubes)  Norwegia untuk Indonesia, H. E. Mr. Stig Traavik dalam Kuliah Tamu (Guest Lecture) kepada mahasiswa di Aula Institut Teknologi Nasional Malang (ITN), Kamis (11/02/16).

Dalam materi kuliahnya, Mr. Stig memaparkan,  Indonesia memiliki kekayaan laut yang begitu banyak. Hampir 70 persen wilayah Indonesia adalah wilayah pesisir dan kepulauan. Maka, Norwegia kini menjadi negara percontohan bagi negara-negara dunia dalam pengelolaan pesisir dan kelautan yang berbasiskan kelestarian lingkungan, serta sudah menjalin kerja sama dengan Jepang, Cina, Indonesia dan beberapa negara   lainnya.

“Di Indonesia, kami sudah bekerja sama dengan memberikan teknologi dan pengetahuan tentang pengembangan pesisir dan kelautan kepada PT Yapen Mandiri Sejahtera di Papua untuk mengembangkan dan tingkatkan  hasil produksi kelautan di Papua. Salah satu tujuan teknologi tersebut adalah sebagai kandang laut yang gunakan sebagai pembibitan, pembesaran perikanan laut,” katanya.

Saat ditanya, Sumber Daya Manusia (SDM) nelayan masyarakat Papua yang masih menggunakan teknologi  tradisional yang tentunya akan kalah saing dengan kehadiran teknologi ini, Mr. Stig menjelaskan, tujuan utama kerja sama ini adalah tetap melestarikan potensi kelautan dan tidak hanya mementingkan keuntungan, namun lebih ke pengelolaan kelautan secara berkelanjutan.

Pantauan Majalah Beko, kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor ITN Malang, Dr. Ir. Lalu Mulyadi, M.T. dan diikuti sekitar 300-an mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Malang. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (HMPWK) ITN Malang ini berjalan lancar dan aman.

(NE)
Kedubes Norwegia: Norwegia Telah Mentransfer Ilmu dan Teknologi Pengembangan Kawasan Pesisir & Kelautan Papua Reviewed by Majalah Beko on 13.35.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.