Breaking News

Berita

Pertahankan Tradisi Perkebunan Lokal Papua, Penghuni Asdey Manokwari Gelar Pembuatan Bedeng

Penghuni Asrama Deiyai (Asdey) di Manokwari menggelar pembuatan bedeng. Foto: MI.
Manokwari, Majalah Beko - - Penghuni Asrama Deiyai (Asdey) di Manokwari menggelar pembuatan bedeng guna mempertahankan tradisi perkebunan lokal Papua. Pembuatan bedeng ini digelar di samping Asdey Manokwari, Senin (08/02/2016), pukul 08.00 WPB hingga pukul 10.00 WPB.

Berdasarkan diskusi Minggu (07/02/2016) malam, penghuni Asdey menyepakati bersama untuk menggelar pembuatan bedeng tersebut.

Pembuatan bedeng ini dikoordinir seorang penghuni Asdey, Norbertus Tekege, bersama belasan penghuni lainnya.

Dalam penyampaian teknisi kerja, Norbertus memberikan 4 tahapan kerja dan dikerjakan bersama penghuni Asdey.

Tahapan pertama, pencabutan rumput. Tahapan kedua, pembersihan kotoran di tempat pembuatan bedeng. Tahapan ketiga, pembuatan bedeng. Tahapan keempat, pencarian bibit tanaman dan penanaman.

Kepada Majalah Beko seusai kerja, Norbertus mengatakan, kegiatan seperti ini perlu dilakukan guna mempertahankan tradisi perkebunan lokal Papua.  

“Di sini, kami penghuni mulai melangkah hari ini. Kami akan melangkah dan melakukan apa yang kami bicarakan, seperti  kerja ini dalam mempertahankan tradisi perkebunan lokal Papua,” jelasnya.

Selain itu, kata Norbertus, apapun yang kita bicarakan, harus dibuktikan, seperti dalam hal positif ini.

Norbertus juga mengharapkan, penghuni Asdey Manokwari bergandeng tangan dalam menata, menjaga, dan mempertahankan tradisi perkebunan lokal Papua.

Hal ini mendapat dukungan dari senioritas penghuni Asdey Manokwari, salah satunya, Martinus Iyai.

“Sebagai senior, saya bangga dengan apa yang dilakukan adik-adik saya hari ini dalam mempertahankan tradisi perkebunan lokal Papua. Kegiatan seperti inilah yang membawa kita dalam perubahan karakter dan pikiran dalam hidup berasrama maupun di luar asrama. Saya harap, mereka bisa mempertahankan ini ke depan lagi,” katanya.

Pantauan Majalah Beko, Norbertus bersama penghuni Asdey lainnya berhasil mengerjakan 4 tahapan perkebunan lokal Papua. Selain itu, mereka berhasil membuat belasan bedeng.

(AG)
Pertahankan Tradisi Perkebunan Lokal Papua, Penghuni Asdey Manokwari Gelar Pembuatan Bedeng Reviewed by Majalah Beko on 19.24.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.