Breaking News

Berita

Siswa/i SMA Negeri 02 Tigi Diharapkan Hidup Berlandaskan Budaya Leluhur Suku Mee

Siswa/i SMA Negeri 02 Tigi dalam Ujian Praktek Seni dan Budaya. Foto: YE/Beko.
Deiyai, Majalah Beko - - Sebagai generasi penerus suku Mee, siswa-siswi SMA Negeri 02 Tigi harus mempertahankan budaya leluhur yang kini sedang punah dan hidup berlandaskan budaya Mee dalam kehidupan sehari-hari yang diimbangi melalui mata pelajaran Seni dan Budaya.

Hal ini disampaikan Guru Seni dan Budaya SMA Negeri 02 Tigi, Robert Edowai kepada didikannya dalam Ujian Praktek Seni dan Budaya yang belum lama ini digelar di Halaman SMA Negeri 02 Tigi, Kabupaten Deiyai, Papua.

“Kita harus tetap pada komitmen, walau beragam tantangan menghadang dan sedang memunahkan budaya Mee. Budaya Mee harus berada dalam kesatuan hidup, satu relasi dan terinteraksi. Ini harus dilakukan untuk meningkatkan relasi budaya Mee dalam kehidupan masyarakat Mee sendiri. Jika ditelusuri pada masa lalu, sejarah budaya budaya Mee atau ajaran-ajaran agama suku Mee sekarang hilang dan harus dikembangkan dalam berbagai hal melalui budaya di masa-masa sekarang bagi anak generasioner Mee,” katanya.

Lanjut Robert, “Tujuan dan harapan kegiatan ini supaya anak-anak generasioner Mee mempertahankan nilai-nilai budaya dalam hal cerita rakyat yang harus dipegang, kerena anak-anak generasioner Mee adalah bagian dari pewaris budaya. Ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan nilai-nilai pelajaran Seni Budaya yang harus dipelajari dan diterapkan di sekolah, bahkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pantauan Majalah Beko, kegiatan ini diikuti 150 siswa SMA Negeri 02 Tigi dan berlangsung aman.

(YE)
Siswa/i SMA Negeri 02 Tigi Diharapkan Hidup Berlandaskan Budaya Leluhur Suku Mee Reviewed by Majalah Beko on 11.18.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.