Breaking News

Berita

Bentara Papua Mengelar Pelatihan Menulis

Suasana pelatihan menulis di Kantor Bentara Papua, Amban, Manokwari, Papua Barat. Foto: Bentara Papua/YA.
Manokwari, Majalah Beko - - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bentara Papua mengelar pelatihan menulis dengan 15 mahasiswa dan relawan LSM koalisi di Kantor Bentara, Amban, Jumat (18/3).

Diketahui, kegiatan ini ditindaklanjuti dari Lokakarya Menulis (Lokatulis) yang diselenggarakan The Samdhana Instutite dengan mitra LSM Papua dan Papua Barat pada Selasa (1/3/16) sampai Sabtu (5/3/16) lalu, di Hotel Grand Abe, Jayapura, Papua.

Dalam pemaparan materi, Wakil Pemimpin Umum Harian Umum Cahaya Papua, Patrix Barumbun Tandirerung, mengatakan, dengan membaca akan menghasilkan tulisan yang baik dalam mendorong perubahan.

“Menulis adalah pekerjaan kurtural yang harus dilakukan dan menulis itu harus ada alternatif yang bisa kita kembangkan, misalnya; website, blog dan media sosial online. Banyak orang suka membaca, tapi banyak orang yang tidak menghasilkan tulisan. Membaca juga penting sekali. Di mana, kita membaca akan menghasilkan tulisan yang bagus. Banyak kawan-kawan yang tidak mengembangkan kemampuan di bidang jurnalistik karena tidak menghandalkan kemampuannya, karena menulis itu salah satu instrumen advokasi untuk mendorong perubahan, salah satunya melalui tulisan,” katanya.

Selain itu, tambah Patrix, peserta harus memahami dimensi estik dan dimensi teknik dalam jurnalistik.

“Teman-teman harus bisa memahami dimensi estik dan dimensi teknik dalam dunia jurnalistik. Dimensi estik adalah apa yang boleh dan apa yang tidak boleh, nilai apa yang perlu ditampilkan dan tidak. Sedangkan, dimensi teknik, bagaimana menulis yang efektif dan struktur tulisan yang efektif yang baik, bahasa yang baik, seperti apa itu yang perlu ditampilkan dalam jurnalistik,” ungkapnya.

Setelah mengikuti kegiatan ini, Patrix mengharapkan, peserta dapat mengasah kemampuannya dalam menulis dan membaca dengan kesadaran dan keseriusan.

“Setelah mengiuti kegiatan ini, diperlukan kembangkan kemampuan menulis dan kemampuan membaca dan tetap mengasah kemampuannya melalui bidang jurnalistik. Saya harap, ada kesadaran dari teman-teman peserta. Menulis adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah, sehingga dibutuhkan keseriusan dalam bidang jurnalistik,” ajaknya.

Menanggapi pemaparan materi Patrix, seorang peserta, Yustinus Yumthe, mengatakan, melalui pelatihan ini, dirinya bisa belajar penulisan yang baik dan benar, seperti metode komunikasi.

Sementara itu, seusai pemaparan materi juga, beberapa peserta mengatakan, menulis sangat dibutuhkan dan dikembangkan melalui berbagai aspek, antara lain lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya.

Pantauan Majalah Beko, kegiatan ini dimulai dengan pemaparan materi dan diakhiri dengan pelatihan menulis sederhana dengan baik dan benar.

Kegiatan ini berjalan aman hingga usai.


(YA)
Bentara Papua Mengelar Pelatihan Menulis Reviewed by Majalah Beko on 15.13.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.