Breaking News

Berita

Ciptakan Aktivis Peduli Lingkungan dan Sosial, Bentara Papua Kembali Gelar Pelatihan Analisis Sosial dan Penghidupan Berkelanjutan

Peserta dan fasilitator dalam Pelatihan “Analisis Sosial dan Penghidupan Berkelanjutan” oleh Perkumpulan Bentara Papua Manokwari, Papua Barat. Foto: YA/Beko.
Manokwari, Majalah Beko - - Perkumpulan Bentara Papua kembali menggelar Pelatihan Analisis Sosial (Ansos) pada Senin (21/3) hingga Kamis (24/3) di Kantor Bentara Papua, Amban, Manokwari, Papua Barat.

Pada awalnya didirikan  Perkumpuln Bentara Papua, Papua Center Of Excellence (PaCE) adalah salah satu yang dicita-citakan Perkumpulan Bentara Papua. Salah satu kegiatan adalah melakukan kegiatan pelatihan bersama, belajar bersama dengan para aktivis muda yang mimpi besar untuk mempertahankan pengelolahan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) di Papua.

Setelah pelatihan  menulis pada Jumat (18/3/16) lalu, Bentara mengakomodir beberapa para aktivis muda yang bermimpi besar untuk belajar bersama.

Tema besar yang dipaparkan Bentara Papua adalah “Pelatihan Analisis Sosial dan Penghidupan Berkelanjutan”. Kegiatan kali ini adalah Angkatan Pertama “PaCE KASUARI” dengan 10 peserta yang berasal dari mahasiswa, organisasi GMNI dan LSM koalisi di Manokwari, Papua Barat.

Pantauan Majalah Beko, setelah mengikuti kegiatan selama beberapa hari, peserta langsung trip lapangan untuk mempraktekan metode Ansos pada hari ketiga. Sebelum praktek, mereka dibekali berbagai tahapan dan metode tersendiri, agar suatu masalah yang dianalisis tepat sasaran dan begitu pula dengan solusinya.

Executive Director WALHI Maluku Utara, Ismet Soelaiman, mengatakan kepada peserta, Ansos adalah salah satu alat yang bisa digunakan oleh siapa saja dalam menganalisis problematika-problematika dengan proses atau mekanisme melalui objek analisis dan mengidentifikasi hasil akar problematika, serta menghasilkan solusi yang tepat sesuai dengan realita.

Selain itu, Ismet mengharapkan, Bentara Papua tetap mendukung dan mengawal peserta “PaCE KASUARI” Angkatan I, agar menciptakan aktivis-aktivis muda yang peduli terhadap lingkungan, sosial, dan sesama.

Sementara itu, seorang narasumber, Abdul Solichin, mengatakan Ansos tidak bisa melihat satu aspek saja, namun bisa dikaji dengan berbagai aspek untuk menghasilkan akar problematika.

Solichin juga mengatakan, peserta perlu belajar tahap per tahap, agar struktural kerangka Ansos bisa dipahami.


(YA)
Ciptakan Aktivis Peduli Lingkungan dan Sosial, Bentara Papua Kembali Gelar Pelatihan Analisis Sosial dan Penghidupan Berkelanjutan Reviewed by Majalah Beko on 17.25.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.