Breaking News

Berita

Lokatulis Samdhana Institute, Membaca dan Menulis Memperkaya Pengetahuan dan Pengalaman

Diskusi Lokatulis Samdhana Institute pada hari pertama di Grand Abe Hotel, Jayapura, Papua. Foto: YA/Beko.
Jayapura, Majalah Beko - -  Samdhana Institute menggelar acara lokatulis bersama 14 mitra Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Papua dan Papua Barat di Hotel Grand, Abapura, Jayapura, Papua. Kegiatan ini dimulai pada Rabu (02/04) hingga Sabtu (02/06).

Disela-sela kegiatan yang padat, fasilitator Samdhana Institute berpengalaman, Fajar, Redaktur Mongabay Indonesia membuka kesempatan meninjau materi.

Sebelumnya, panitia membagi peserta dalam dua kelas. Kelas pertama fokus pada pembahasan Menulis Policy Brief bersama fasilitator berpengalaman, Martua Sirait dan Yunus Yumte. Sedangkan, kelas kedua fokus pada Hard News dan Soft News yang merupakan kelas dasar.

Dalam ruangan yang begitu hangat, peserta menyampaikan argumen masalah utama yang dihadapi sesuai dengan daya serap personal selama kegiatan berjalan.

Berbagai pertanyaan peserta ditanggapi dan Fajar membuka ruang diskusi untuk mencari solusi bersama.

Fasilitator mencontohkan berita pada media online www.kompas.com sebagai acuan untuk membuat tulisan bagi peserta.

Fajar menyarankan, peserta lebih banyak membaca dan menulis agar memperkaya pengetahuan dan pengalaman dalam membuat berita.

Selain itu, Fajar mengajak peserta membuka media online www.tempo.co  dan www.kominfo.go.id sebagai bahan referensi yang membantu peserta dalam menulis.

Dalam akhir kegiatan tersebut, Staf  Samdhana Institute, Sandika, mengulas pengalaman menulis dari beberapa pelatihan yang diikutinya.

(YA)
Lokatulis Samdhana Institute, Membaca dan Menulis Memperkaya Pengetahuan dan Pengalaman Reviewed by Majalah Beko on 23.20.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.