Breaking News

Berita

Samdhana Institute Gelar Pelatihan Menulis “Policy Brief” Bersama 14 Mitra LSM Papua dan Papua Barat

Aktivitas menulis Policy Brief Samdhana Institute bersama 14 mitra LSM Papua dan Papua Barat di Grand Abe Hotel, Jayapura. Foto: YA/Beko.
Jayapura, Majalah Beko - - Samdhana Institute menggelar Lokakarya “Pelatihan Menulis Policy Brief” bersama 14 mitra Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Papua dan Papua Barat. Kegiatan ini digelar di Grand Abe Hotel Jayapura, Kamis (03/03).

14 LSM tersebut, yakni Rumsram, KPHL Biak Numfor, Yadupa, Jerat Papua, Pt. PPMA, SKP-KAME, Mnukwar, Kamuki, LMA Malamoi, Aka Wuon, YBAW, LSPK, Weer, dan Bentara Papua.

Pantauan Majalah Beko, peserta LSM Mitra Samdhana Papua dan Papua Barat ini membahas kisi-kisi spesifik yang membantu pembuatan rekomendasi yang dihasilkan sesuai konteks isu-isu yang dihadapi.

Dalam pemaparan materi, Fasilitator Policy Brief Samdhana Institute, Martua Srait mengatakan, penulisan policy brief adalah bentuk publikasi spesifik yang ditujukan untuk menghasilkan rekomendasi-rekomendasi kebijakan berdasarkan isu yang dihadapi.

Dikatakannya, para aktivis lingkungan dan siapa saja bisa membuat draf untuk meyakinkan (dalam bentuk tulisan) dan memberikan rekomendasi kebijakan-kebijakan yang menghasilkan dokumen.

Selain itu, Martua mengatakan, output kegiatan ini, perserta bisa menghasilkan draf (dokumen) perubahan perhutanan sosial yang akan mengacu pada rekomendasi pengambilan kebijakan dalam pengelolahan sumber daya alam (SDA) sesuai isu-isu konflik tenurial di Papua dan Papua Barat.

Tambah Martua, “Jika kita berhasil menangkap kepentingan pengambil keputusan melalui dokumen ini, maka besar kemungkinan temuan kita akan masuk di dalam perdebatan pembuatan kebijakan. Sebaliknya, jika sebuah penelitian gagal menghasilkan policy brief yang meyakinkan, kapasitas temuan untuk mendukung proses pembuatan kebijakan akan jauh berkurang.”

(YA)
Samdhana Institute Gelar Pelatihan Menulis “Policy Brief” Bersama 14 Mitra LSM Papua dan Papua Barat Reviewed by Majalah Beko on 20.14.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.