BREAKING NEWS

Berita

Tolak UU Otsus, Biro Protokol dan Humas Provinsi Papua: Gubernur Butuh Dukungan Semua Bupati di Papua

Ratusan Mahasiswa Papua melakukan long march ke Kantor Gubernur Papua. Foto: AG/Beko.
Jayapura, Majalah Beko - - Ratusan Mahasiswa Papua dari beberapa perguruan tinggi di Jayapura melakukan aksi damai, pada Rabu (02/03/16), di depan Kantor Gubernur Papua.

Massa hendak bertemu Gubernur Papua, Lukas Enembe, untuk menyatakan dukungan dan mendengar langsung wacana Gubernur Papua tentang penolakan dan evaluasi Undang-Undang (UU) Otsus Papua yang ditawarkan ke pemerintah pusat, yang dinilai tidak memberikan kontribusi berarti bagi Rakyat Papua.

Pantauan Majalah Beko, awalnya, massa terlihat berkumpul di depan Kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) dan menutup pintu utama Uncen. Setelah itu, massa melakukan long march menggunakan truk dan kendaraan roda dua hingga di titik aksi damai, Kantor Gubernur Papua.

Dalam orasi, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uncen, Doni D. Gobai mendukung wacana Gubernur Papua dan tujuan aksi damai ini.

Jadi, aksi kami, mahasiswa, di sini jelas. Kami datang bukan untuk anarkis dan lainnya. Kami datang untuk mendengar pernyataan secara langsung dan memberikan dukungan kepada gubernur, tegasnya.

Selain itu, Doni mempertanyakan, kegagalan MRP menolak UU Otsus. Sudah tiga kali Majelis Rakyat Papua (MRP) telah melakukan penolakan terhadap UU Otsus tersebut, namun gagal, katanya.

Sementara itu, mewakili Gubernur Papua, Biro Protokol dan Humas Provinsi Papua, F. X. Mote mengatakan, wacana Gubernur Papua tersebut memerlukan proses dan dukungan semua bupati di Papua.

Penolakan atau evaluasi UU Otsus harus melalui beberapa tahapan, sehingga gubernur akan mengundang para bupati untuk membicarakannya, jelasnya.

Selain itu, Mote mengapresiasi dukungan mahasiswa tersebut. “Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada adik-adik. Tetapi, gubernur mewakilkan saya untuk melanjutkan aspirasi yang disampaikan ini, ungkapnya.

Diketahui, ketidakhadiran Gubernur Papua dikarenakan sedang mengikuti kegiatan di tepat lain.

Massa aksi yang dikawal Satuan Porlestabes Kota Jayapura itu membubarkan diri setelah menyatakan aspirasi mereka yang diterima Biro Humas dan Protokol Papua.

(AG)
Tolak UU Otsus, Biro Protokol dan Humas Provinsi Papua: Gubernur Butuh Dukungan Semua Bupati di Papua Reviewed by Majalah Beko on 19.45.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.