BREAKING NEWS

Berita

TPPM Manokwari: Kemampuan, Keterampilan, dan Kedisiplinan Guru di Meepago Perlu Direhabilitasi

Ilustrasi (Ist.).
Manokwari, Majalah Beko - - Tim Peduli Pendidikan Meepago (TPPM) di Manokwari mengatakan, kemampuan dan ketrampilan guru di Meepago perlu direhabilitasi demi kelancaran proses belajar dan mengajar di sekolah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Peduli Pendidikan Dogiyai, Martinus Anouw, didampingi rekan-rekannya, Yan Paul Anouw, SH, bersama rekan-rekannya Marten Edowai, SE, dan Yulianus Makitami, SE kepada Majalah Beko, Selasa (15/3) di Pondok Koteka Mogee (Kotemo), Amban, Manokwari.

“Dengan melihat perkembangan di Meepago, guru yang sebenarnya harus mempunyai kemampuan dan keterampilan,” kata Marten Edowai.

Tambah Yan Paul Anouw, “Kemampuan dan ketrampilan sangat dibutuhkan seorang guru agar dapat memberikan ilmu yang baik dan dapat diaplikasikan kepada siswa-siswi, karena hal ini akan mempengaruhi pada jenjang berikut yang akan siswa-siswi lanjutkan.”

Sementara itu, di kesempatan yang sama, ketika ditanyai soal progres kinerja guru di Meepago, TPPM di Manokwari mengatakan, variasi guru adalah salah satu masalah yang dihadapi para guru di Meepago. Sehingga menurut mereka, variasi guru harus dihentikan dan guru harus kompeten di bidangnya, serta kedisiplinan harus ditumbuhkan dan ditingkatkan.

“Variasi guru yang sedang terjadi di Meepago, di angkat karena tuan tanah, protes-protes, kakaknya meninggal, adiknya yang melanjutkan mengajar, dll. Variasi ini harus dihentikan. Guru harus mengajar sesuai bidang yang ditekuni, bukan asal-asalan jadi guru,” kata Yulianus Makitami.

“Lebih bagusnya, kami, mahasiswa Manokwari sarankan, bahwa kami Meepago untuk sekolah-sekolah, baik itu SD, SMP, SMA, dll. yang ada di Meepago harus mempunyai kedisplinan, karena kami melihat pengalaman yang sekarang terjadi di setiap lembaga perguruan tinggi (PT) yang ada di Indonesia ini. Ada persoalan teman-teman mahasiswa yang baru masuk kuliah, tapi hanya karena sistem kemampuan dan keterampilan tidak mampu disesuaikan, sehingga mahasiswa baru tersebut tidak dapat melanjutkan kuliahnya, dan ada pula yang pindah ke perguruan tinggi yang tidak mempunyai keterampilan atau tidak mempunyai kedisiplinan dan seolah-olah senior tidak memberikan motivasi, dorongan dan pengalaman,” tandas Martinus Anouw.

(AP)
TPPM Manokwari: Kemampuan, Keterampilan, dan Kedisiplinan Guru di Meepago Perlu Direhabilitasi Reviewed by Majalah Beko on 17.41.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.