Breaking News

Berita

Dukung ULMWP Masuk Anggota Penuh MSG, KNPB Mnukwar Gelar Jumpa Pers serta Kutuk Keras Penangkapan Aktivis KNPB dan Tindakan Propoganda

KNPB Mnukwar dukung ULMWP masuk Anggota Penuh di MSG. Foto: AD/Beko.
Manokwari, Majalah Beko  - - KNPB Wilayah Mnukwar menggelar jumpa pers dalam rangka mendukung ULMWP masuk anggota penuh MSG, Rabu (13/04) sore.

Sekretaris KNPB Wilayah Mnukwar, Melkias Beanal mengatakan, KNPB Mnukwar dan orang Papua mendukung ULMWP masuk anggota penuh MSG. Selain itu, kata dia, pihaknya hanya menggelar jumpa pers.

“Di seluruh Papua, dari Sorong sampai Merauke, melakukan aksi nasional. Aksi ini mendukung ULMWP sebagai anggota full di MSG. Kami sebagai orang Papua mendukung ULMWP. Kami dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mnukwar, hari ini kami tidak turun jalan atau aksi. Kami hanya jumpa pers,” katanya kepada beberapa wartawan saat jumpa pers.

Dikatakan Melkias, penangkapan pihak Kepolisian terhadap aktivis KNPB dan orang Papua soal Aksi Nasional KNPB 13 April 2016 ini menunjukan pelanggaran Indonesia terhadap UU-nya sendiri.

“Dalam aksi ini, banyak terjadi penangkapan di Jayapura, Kaimana, Merauke, Yahukimo. Sebenarnya, Indonesia itu negara demokrasi dan Undang-undang menjamin aksi ini. Semua orang berhak untuk menyampaikan pendapat di muka umum. Tapi, Indonesia menutup ruang demokrasi dalam pelanggaran HAM yang mereka buat. Mereka sendiri yang melanggar aturan atau Undang-undang yang mereka buat,” ungkapnya.

Selain itu, Melkias mengatakan, KNPB Mnukwar mengutuk keras penangkapan aktivis KNPB dan tindakan provokator dalam menolak ULMWP.

“KNPB Mnukwar mengutuk keras atas penangkapan yang terjadi, yang membatasi untuk menyampaikan aspirasi Rakyat Papua. Kami juga menemukan spanduk yang bertuliskan propaganda, itu juga kami mengutuk keras. Orang yang buat itu adalah orang tidak bertanggung jawab, sengaja memancing situasi untuk mengacaukan keamanan di daerah ini,” katanya.

Dikatakan Melkias lagi, KNPB Mnukwar tidak pernah melakukan pengibaran Sang Bintang Kejora di Unipa beberapa waktu lalu dan pada tanggal 5 April 2016 saat kunjungan Jokowi ke Manokwari.

“KNPB Mnukwar tidak pernah mengibarkan Bendera Bintang Kejora. Bendera itu bukan main-main dan tidak bisa kita permainkan. Ada waktunya untuk dikibarkan, dinaikan, dan dinaikan selamanya,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris PRD Mnukwar, Rafael Natkime mengatakan, pihak Kepolisian telah melakukan tindakan kriminal dan non profesional dengan menangkap aktivis KNPB, serta merusak kaca Taxi yang ditumpangi massa aksi di Jayapura, dilansir Tabloid Jubi, Rabu (13/04).

Dituliskan dalam Press Release KNPB dan PRD Mnukwar, Rakyat West Papua melalui Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Mnukwar bersama KNPB sebagai Media Rakyat West Papua mendukung penuh para Pemimpin PNG, Salomon Island, Fiji, Kanaki and Vanuatu, untuk menerima ULMWP sebagai Anggota Penuh (Full Member) di MSG. (Baca: Press Release KNPB dan PRD Mnukwar 13 April 2016)

Pantauan Majalah Beko, sejak pagi, pihak Kepolisian menjaga ketat terkait aksi ini di depan Polsek Amban, Manokwari. Polisi juga memarkir 2 mobil dan sebuah truk Polda Papua Barat dan beberapa kendaraan roda dua. Selain itu, pihak Kepolisian melakukan patroli di Jalan Amper (dalam), Sekretariat KNPB Mnukwar Amban dan sekitarnya hingga malam.

Jumpa pers yang dihadiri puluhan anggota KNPB dan mahasiswa asal Papua ini berjalan aman hingga usai.

(AD)
Dukung ULMWP Masuk Anggota Penuh MSG, KNPB Mnukwar Gelar Jumpa Pers serta Kutuk Keras Penangkapan Aktivis KNPB dan Tindakan Propoganda Reviewed by Majalah Beko on 21.33.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.