Breaking News

Berita

KNPB Konsulat Manado Menyerukan Demo Damai Peringati Hari Aneksasi Papua Barat

Seruan Aksi KNPB Konsulat Indonesia Tengah di Manado. Foto: KNPB.
Manado, Majalah Beko - - Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Konsulat Indonesia Tengah di Manado menyerukan aksi damai memperingati hari Aneksasi Papua Barat yang jatuh pada tanggal 1 Mei dan juga mendukung ULMWP sebagai anggota penuh di Melanesian Sperhead Group (MSG), serta mendukung pertemuan Parlemen Internasional untuk West Papua di London.

“Sesuai dengan seruan aksi nasional oleh KNPB, maka bersama rakyat dan KNPB Konsulat Indonesia Tengah wilayah Manado akan melakukan aksi damai pada tanggal 2 Mei dalam rangka memperingati hari Aneksasi Papua Barat. Kami tidak akan pernah lupa akan sejarah pahit bangsa Papua, di mana pada tanggal 1 Mei 1963 adalah bagi rakyat Papua hari aneksasi kemerdekaan kedaulatan Bangsa Papua Barat (West Papua), yang mana telah menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 1 Desember 1961”, kata Koordinator Aksi, Emil Wakei kepada Majalah Beko, Kamis (28/04).

Wakei menambahkan, jauh sebelum hari pelaksanaan aksi, pihaknya sudah memberikan surat ijin kepada Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara dan Kepolisian Resort Kota Manado (Polresta), namun belum direspon.

“Kami sudah masukan surat ijin aksi kepada Polda dan Polresta, namun Polda tidak mengizinkan kami, sementara Polresta berpesan akan menindaklanjuti dan menghubungi kami terkait ijin aksi,” lanjut Wakei.

Sementara, Ketua KNPB Konsulat Indonesia Tengah, Hiskia Meage mengatakan, KNPB siap memediasi aksi damai nasional ini.

Sesuai dengan seruan aksi nasional dari KNPB Pusat, maka kami, KNPB Konsulat Indonesia Tengah sebagai media perjuangan rakyat Papua di wilayah ini siap memediasi rakyat Papua di Manado dalam rangka memperingati hari Aneksasi Papua Barat dan mendukung penuh ULMWP sebagai anggota penuh di MSG, serta mendukung pertemuan Parlemen Internasional di London, Inggris,” tuturnya.

Dalam selebaran aksi yang diterima media ini menuliskan, dukungan internasional dari negara-negara lain sedang bertambah, baik itu dari negara-negara Asia-Pacific, Eropa dan Afrika. Maka, rakyat West Papua diharapkan untuk sadar dan bersatu dalam gerakan perjuangan mengusir penjajah kolonialisme dan kapitalisme global, serta kemerdekaan West Papua sebagai sebuah negara yang berdaulat.

(JI) 
KNPB Konsulat Manado Menyerukan Demo Damai Peringati Hari Aneksasi Papua Barat Reviewed by Majalah Beko on 14.26.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.