Breaking News

Berita

KNPB Manukwar Gelar Ibadah Bersama Dukung Agenda Perjuangan ULMWP

Puluhan anggota KNPB Mnukwar berpose dengan beberapa spanduk. Foto: YG/Beko.
Manokwari, Majalah Beko - - Puluhan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mnukwar menggelar ibadah bersama mendukung agenda perjuangan ULMWP, di antaranya pembentukan Nieuw  Giunea Read setiap 5 April. Ibadah bersama ini digelar di Sekretariat KNPB Manokwari, Selasa (05/04) siang.

Hal ini disampaikan Sekretaris KNPB Mnukwar, Melkias Beanal seusai ibadah, saat jumpa pers bersama beberapa media yang hadir.

“Kami, KNPB Mnukwar menggelar ibadah bersama untuk mendukung perjuangan yang dilaksanakan ULMWP,” katanya.

Lanjut Melkias, “Kami, hari ini, mendukung pertemuan pimpinan-pimpinan MSG yang diundurkan karena pertemuan-pertemuan khusus ditingkatan parlemen mereka. Pertemuan itu tidak dilaksanakan hari ini, diundurkan pada bulan Mei tanggal 3, pertemuan International Parlementeris West Papua (IPWP) untuk orang Papua yang ada di London.”

Selain itu, tambah Melkias, KNPB dan Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Mnukwar mendesak janji Jokowi segera memberikan referendum bagi orang Papua.

“Kami mendesak janji Joko Widodo. Beliau pernah janji bahwa dia bersedia memberikan referendum bagi orang Papua. Itu suatu janji yang orang Papua tidak akan lupa. Anak kecil sampai orang dewasa, siapa saja namanya orang Papua akan pegang janji itu. Kami mendesak Jokowi segera mempertangungung jawabkan janjinya sebagai seorang kepala Negara. Waktu beliau kampanye, dia sudah janjikan. Jadi hari ini kami mendesak dan segera mempertangungung jawabkan kata referendum yang beliau bilang bersedia memberikan referendum bagi orang Papua, supaya kami, orang Papua yang menentukan nasib kami sendiri. Janji adalah hutang. Hutang itu harus ditepati,” katanya.

Dilansir KNPBNews Volume 2, 2-15 April 2016, ada tiga agenda rakyat. Agenda pertama, 5 April adalah tanggal pembentukan Nieuw  Giunea Read. Setiap tanggal ini, Parlemen Nasional West Papua (PNWP) bersidang untuk mengambil keputusan-keputusan politik.

Selain 5 April, dituliskan KNPBNews, terdapat 2 agenda rakyat lainnya. Agenda kedua, 3 Mei 2016; pertemuan IPWP di London yang akan menyerukan referendum bagi West Papua; rakyat siap-siap turun aksi mendukung agenda ini. Agenda ketiga, aksi rakyat dukung ULMWP jadi anggota penuh MSG diundur pada bulan Mei 2016.

Pantauan Majalah Beko, puluhan anggota KNPB Mnukwar mengikuti ibadah bersama ini dan berakhir dengan aman.

Seusai ibadah, anggota KNPB berpose dengan beberapa spanduk, di antaranya bertuliskan, “Referendum Yes!”, “Jokowi Mana Janji Memberikan Referendum Untuk Orang Papua?”, dan “Kami Rakyat Papua Tuntut Janji Jokowi Referendum!”.

Sementara itu, hingga berita ini dipublikasikan, agenda rakyat; 5 April ini masih mendapat pengawalan ketat dari pihak Kepolisian Manokwari di sepanjang jalan raya, depan Kantor Lurah Amban hingga di lingkungan Kampus Unipa.

(YG)
KNPB Manukwar Gelar Ibadah Bersama Dukung Agenda Perjuangan ULMWP Reviewed by Majalah Beko on 19.57.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.