BREAKING NEWS

Berita

Legislator Soroti Rencana Kunjungan Jokowi ke Papua Akhir Bulan Ini

Legislator Papua, Laurenzus Kadepa. Foto: Ist.
Manokwari, Majalah Beko - - Kunjungan Presiden Jokowi yang dijadwalkan akan ke Papua untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan pasar mama-mama Papua akhir bulan ini disoroti Legislator Papua, Laurenzus Kadepa.

Anggota Komisi I DPR Papua Bidang Politik, Hukum dan HAM itu mengatakan, pendekatan Jokowi ini patut diapresiasi, namun tidak akan berdampak positif di sisi polhukam yang kini menjadi sorotan internasional.

“Faktor sejarah menjadikan Papua terus bergolak sampai sekarang. Pembangunan yang digerakan Jokowi memang berdampak positif, tetapi tidak maksimal tanpa dukungan kebijakan politis. Komitmen mau melakukan pendekatan demi pembangunan dan kesejahteraan bagi rakyat Papua diapresiasi. Namun, itu tak akan berdampak positif ke politik, hukum dan HAM di Papua yang masih menjadi sorotan dunia,” katanya kepada Majalah Beko, Rabu (27/04).

Menurut Kadepa, untuk persoalan politik, harus dilakukan dengan langkah politik, bukan melalui pembangunan dan kesejahteraan ini.

Sehingga, Kadepa meminta Jokowi meninjau kembali akar permasalahan pelanggaran HAM di Papua.

“Jokowi segera tinjau kembali New York Agreement, Roma Agreement, 1 Mei 1963, hari integrasi dan Pepera 1969 yang adalah awal terjadinya semua pelanggaran HAM di Papua, sehingga penyelesaiannya juga dari itu, meninjau itu. Itu akar persoalan,” pintanya.

Sementara, dilansir wartaplus.com, Selasa (26/04), Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Papua, Elia Loupatty SE, menuturkan, kepastian kunjungan Presiden masih dalam pembahasan oleh  Staf Kepresidenan, yakni antara tanggal 29 atau 30 April mendatang.

Dituliskan, terkait agenda lain kunjungan Presiden ke Papua, selain membuka Liga Sepak Bola TSC dan peresmian pasar mama Papua, Loupatty mengaku belum mendapatkan info lebih lanjut. “Sementara baru dua agenda yang pasti, juga direncanakan kunjungan ke pasar Youtefa dan Pharaa. Namun ini masih dalam pembahasan di Jakarta,” terangnya.

(AP)
Legislator Soroti Rencana Kunjungan Jokowi ke Papua Akhir Bulan Ini Reviewed by Majalah Beko on 16.51.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.