BREAKING NEWS

Berita

Mengenang 32 Tahun Kematian Arnold Ap, AMP Akan Gelar “Panggung Budaya Papua”

Brosur "Panggung Budaya Papua". Foto: AMP.
Manokwari, Majalah Beko - - Dalam rangka mengenang 32 tahun kematian Seniman dan Budayawan Papua, Arnold Clemens Ap, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) akan menggelar “Panggung Budaya Papua”, Selasa (26/04) mendatang di tiga wilayah AMP.

Hal ini disampaikan Sekretaris Umum II AMP Komite Pusat, Adhen Dimi ketika dihubungi Majalah Beko, Minggu (24/04).

Untuk mengenang 32 tahun kematian Arnold C. Ap yang dibunuh oleh Kopassandha (kini Kopassus) pada tanggal 26 April 1984 di Pantai Base G, Jayapura, AMP akan mengadakan kegiatan panggung budaya pada tanggal 26 April nanti. Kegiatan ini akan diadakan serentak di tiga wilayah, yaitu Jawa Barat itu di Jakarta, Bogor dan Bandung, kegiatannya akan di pusatkan di Jakarta. Jawa Tengah itu di Jogja, Solo, dan Semarang-Salatiga, kegiatannya akan dipustkan di Jogja. Jawa Timur itu di Surabaya dan Malang, kegiatannya dipustkan di Surabaya,” katanya.

Menurut Adhen, kematian Arnold ini harus diperingati demi mengangkat dan membangun harkat dan martabat orang Papua, khususnya di bidang seni dan budaya.

Dia dibunuh, tetapi jiwanya hidup bersama rakyat Bangsa Papua. Dia sudah tidak ada, tetapi semangatnya telah membangkitkan semangat perlawanan rakyat Papua. Nama Arlold Clemens Ap bagi rakyat Papua adalah simbol identitas Papua dan Bapak Budaya Papua. Maka, pekerjaan kebudayaaan yang harus dilakukan demi memiliki tujuan membangun kesadaran identitas kebangsaan ditingkatan pemuda, mahasiswa dan rakyat,” ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Adhen, AMP mengajak orang Papua di tiga wilayah tersebut untuk mengisi dan menghadiri panggung budaya ini.

Kami, AMP juga membuka kesempatan kepada siapapun yang berminat untuk mengisi acara semisal, melalui puisi, monolog, musik, tarian, maupun teatrikal dengan dengan catatan, bernuansa Mambesak, sekaligus mencerminkan situasi Papua dalam satu dekade ini,” pintanya.

Hal serupa dituliskan Ketua Umum AMP Komite Pusat, Jefry Wenda di dinding Facebook-nya belum lama ini.

“AMP mengundang kawan-kawan mahasiswa dan massa rakyat Papua yang berda di wilayah Jawa Barat, Bandung, Bogor, Tanggerang, dan Jakarta, juga kawan-kawan pro demokrasi untuk dapat hadir dalam kegiatan "Panggung Budaya Papua Mengenang 32 Tahun Kematian Arnold C. Ap",” tulisnya.

Lanjut Jefry, “Pentas panggung budaya papua akan diramaikan oleh group musik bernuansa Mambesak, tarian tradisional Papua, puisi-puisi perlawanan. teatrikal kondisi Papua dan juga akan diisi oleh kawan-kawan pro demokrasi.

Sehingga, tutupnya, apabila ada kawan-kawan yang berniat untuk mengisi acara, dapat menghubungi panitia pelaksana kegiatan. (Baca juga: Seruan Panggung Budaya Papua)

(AP)
Mengenang 32 Tahun Kematian Arnold Ap, AMP Akan Gelar “Panggung Budaya Papua” Reviewed by Majalah Beko on 11.12.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.