BREAKING NEWS

Berita

Pasar Baru Tidak Digunakan, Natalis Degei: Pemda Rugi, SKPD Harus Kelola Dana Seefektif Mungkin

Natalis Degei. Foto: SAPA/Isodorus Tebai.
Dogiyai, Majalah Beko - - Pasar sebagai salah satu sumber untuk mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) merugikan Pemda Dogiyai.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Dogiyai, Natalis Degei di Aula Pemerintah Daerah (Pemda), Moanemani, Dogiyai (20/04).

“Saya tidak enak melihat ibu-ibu jualan di jalan. Kita mau menagih pajak juga tidak pantas karena mereka masih jualan di jalan. Sebenarnya pasar yang kami bangun ini agar pedagang tidak jual di jalan. Pasar ini salah satu sumber untuk mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sebagaimana mana dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang dikelola oleh setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada. Pasar baru tidak digunakan, sudah sekian lama kita rugi APBD,” katanya.

Degei mengajak setiap SKPD, khususnya SKPD terkait mengelola dana seefektif mungkin untuk kas daerah. “Sekarang kita berpikir berapa dana yang kita masukkan, bukan berapa besar yang dana yang kita dapat. Kami harapkan juga, pendataan pedagang harus dilakukan oleh SKPD terkait agar mudah dibagikan,” pintanya.

Menurur Degei, agar keamanan pasar terjaga, rotasi penjual antar orang asli Dogiyai dengan pendatang harus dilakukan. “Demi menjaga pengamanan pasar, pedagang itu harus selang-seling, seperti pendatang-Papua (orang asli Dogiyai/OAD). Suatu ketika ada aksi demo, keamanan pasar tetap ada. Dan juga, ketika terjadi pembakaran ada pembelaan dari OAD yang notabenenya pedagang,” katanya.

Sementara, di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindakop, Andreas Gobai mengatakan, pasar baru merupakan pasar darurat yang dibuat sementara. Melihat pasar lama yang sempit dan kebanyakan pedagang menjual di jalan raya, sehingga diharapkan, pasar darurat ini difungsikan sebaik mungkin,” katanya.

(Isodorus Tebai/Beko)
Pasar Baru Tidak Digunakan, Natalis Degei: Pemda Rugi, SKPD Harus Kelola Dana Seefektif Mungkin Reviewed by Majalah Beko on 10.59.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.