Breaking News

Berita

Ringankan Usaha Jualan, Mama Tina Pakage, dkk Diberikan Motor

Ilustrasi. Foto: Ist.
Timika, Majalah Beko - - Tina Pakage, seorang mama penjual asongan yang berjualan selama 3 tahun lebih di sekitar Bandara Udara Timika, Mozes Kilangin, akhirnya mendapatkan bantuan 1 unit motor blakoss (kios) dari Biro Ekonomi Suku Mee Lembaga Pengembangan Masyarakat Amunggme Kamoro (LPMAK) bekerja sama dengan PT Freeport guna meringankan usahanya.

Selama tiga (3) tahun lebih, mama menderita dan tahan panas untuk berjualan di pinggiran Bandara Udara Timika, akhirnya saya dikasih motor blakoss untuk berjualan dari PT Freeport kerja sama dengan LPMAK melalui Biro Ekonomi Suku Mee,” kata mama Pakage ketika dihubungi Majalah Beko belum lama ini.

Lanjut mama Pakage, “Motor blakoss yang sederhana ini mama pakai bertahan untuk berjualan mencari nafkah di bawah terik panas matahari.”

Selain dirinya, mama Pakage mengaku, bantuan yang diberikan hampir setahun yang lalu itu didapat 6 mama penjual asal suku Mee lainnya yang berjualan lama di sekitar Bandara Mozes Kilangin.

Bukan hanya mama, tetapi kami ada 6 mama yang dari dulu jualan, kami mendapatkan 1 motor per orang. Sudah mau hampir satu tahun setelah kami menerima motor itu dan kami jualan di sini sekarang,” ungkap mama Pakage.

Dilansir RRI, 19 November 2015 lalu, Wakil Sekretaris Eksekutif (WASE) Program LPMAK Yohanes Arwakon mengatakan, ada 5 unit motor kios dan 1 mobil box pengangkut barang jualan  serta bantuan modal usaha sebesar 10 kuta rupiah per orang, dihibahkan kepada mama-mama Suku Mee, yang masuk di tujuh suku Mimika itu.

“Kami menyerahkan fasilitas perdagangan berupa 5 unit kios motor dan 1 mobil untuk membantu mereka, serta sejumlah uang untuk modal usaha. Selama ini mama-mama ini jualan di trotoar, kena panas dan hujan di areal parkir di airport ini,” ungkapnya.

Arwakon berharap, bantuan itu dapat memaksimalkan usaha dagang para penjual, sehingga ekonomi keluarga bisa meningkat, khususnya untuk membiayai anak-anak dalam studi. Bantuan tersebut memiliki potensi sebagai program rutin, namun masih harus menjalani studi kelayakan ke depannya.

(MP)
Ringankan Usaha Jualan, Mama Tina Pakage, dkk Diberikan Motor Reviewed by Majalah Beko on 12.36.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.