BREAKING NEWS

Berita

Siswa-Siswi SMA/SMK yang Lulus UN Diminta Masuk PT dan Fakultas Terakreditasi

Ilustrasi. Foto: tempo.co
Manokwari, Majalah Beko - - Siswa-siswi SMA/SMK yang baru lulus Ujian Nasional  (UN) di Papua diminta untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi (PT) dan fakultas yang terakreditas.

Hal ini disampaikan oleh Dosen Peternakan Unipa, Trisiwi Wahyu Widayati saat diwawancarai Majalah Beko, Jumat (29/04) siang.

Jangan mencari kuliah seenaknya saja, tetapi  anak-anak lihat kapasitas univesitas atau perguruan tinggi dan fakultas mana yang memiliki akreditas A, B, dan C, lalu tes di universitas itu,” katanya.

Widayati menjelaskan, akreditas universitas dan fakultas akan menentukan dalam mencari atau melamar kerja di pemerintahan.

Terakreditas A bebas kerja di mana saja, akreditas B bisa kerja dalam wilayah Indonesia saja, sedangkan akreditas C hanya bisa kerja di daerah setempat,” jelasnya.


Dikatakannya lagi, khusus Unipa, mahasiswa baru sudah diterima dengan baik, namun tidak sampai selesai.

“Kami sudah menerima mahasiswa baru dengan baik, tetapi tidak lama hilang satu per satu. Ini masalah besar terhadap mahasiswa,’’ katanya.

Sehingga, Widayati meminta mahasiswa mengajak calon mahasiswa baru memilih perguruan tinggi (PT) dan fakultas yang terakreditas.

“Kalian, mahasiswa harus sampaikan ke kalian punya adik-adik, bahwa harus punya visi-misi dan punya niat yang tinggi agar nantinya tidak menyesal. Kasihan kalau salah memilih universitas dan fakultas yang baik, kemudian hanya merugikan finansial dari orang tua saja. Jangan ikut-ikutan pada teman-teman lain juga,” pintanya.

Sementara, kepada media ini juga, mahasiswa Peternakan Unipa, Klemen Arutama bersama teman-temannya membenarkan soal mahasiswa yang kuliah, namun tidak sampai selesai itu.

“Kami punya teman-teman banyak yang pindah hanya karena mereka ikut-ikutan dengan yang lain. Salah satunya karena persoalan akreditas,” jelasnya.

(YD)
Siswa-Siswi SMA/SMK yang Lulus UN Diminta Masuk PT dan Fakultas Terakreditasi Reviewed by Majalah Beko on 19.52.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.