Breaking News

Berita

Tangani Perkembangan Ekonomi Dogiyai, BPS Nabire Rekrut Mitra Petugas

Ilustrasi. Foto: IT/Beko.
Dogiyai, Majalah Beko - - Perkembangan ekonomi di Kabupaten Dogiyai masih dalam angan-angan, baik itu pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan perdagangan. Pasalnya, belum ada Badan Pengelolaan Statistik (BPS) yang menanganinya.

Demikian disampaikan Asisten I, Anton Iyowau, di Aula Koteka Moge, Distrik Kamuu, Kabupaten Dogiyai, belum lama ini, Rabu (13/04).

Anton mengatakan, BPS membantu pemerintah dalam menangani perkembangan ekonomi daerah. “Maju mundurnya ekonomi dari keseluruhan, baik itu dari pertanian,  perkebunan, peternakan, perikanaan, perdagangan, itu nanti Badan Pengelolaan Statistik Nabire akan hitung semua, kemudian akan dibuat persen-persennya. Diri situ, pemerintah akan hitung. Dogiyai dari bidang ini dia belum maju, jadi tetap akan kelihatan semua, baik persennya naik atau menurun,” jelasnya.

Untuk menangani masalah ini, Kepala BPS Nabire, Wempi Howai hendak merekrut mitra petugas BPS tiap distrik di Kabupaten Dogiyai.

“Sensus ekonomi tahun 2016 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Kebetulan Badan Penanganan Statistik (BPS) Dogiyai tidak ada karena baru dimekarkan dari kabupaten induk, Nabire. Sehingga, diwakili oleh BPS Nabire. Petugas yang kami rekrut ini adalah mitra untuk Kabupaten Dogiyai, meliputi Moanemani dan Mapia. Mereka yang akan kami latih ini adalah mitra yang kami rekrut dari setiap distrik. Kami rekrut mereka untuk kami latih. Kebetulan ini adalah sensus ekonomi yang muatannya atau cakupannya adalah kegiatan ekonomi. Apalagi, Kabupaten Dogiyai merupakan sentral ekonomi,” katanya di kesempatan yang sama.

(IT/Beko)
Tangani Perkembangan Ekonomi Dogiyai, BPS Nabire Rekrut Mitra Petugas Reviewed by Majalah Beko on 17.39.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.