Breaking News

Berita

Tingkatkan “Human Skill”, Korwil Deiyai IMPT Manokwari Gelar Seminar Sehari

Suasana seminar sehari Korwil Deiyai IMPT Manokwari di Ruangan Kuliah Fapet Unipa, Sabtu (30/04). Foto: AP/Beko.
Manokwari, Majalah Beko - - Koordinator Wilayah Kabupaten Deiyai IMPT Manokwari menggelar seminar sehari di Ruangan Kuliah Fakultas Peternakan (Fapet) 1 Unipa, Sabtu (30/04).

5 pemateri dengan materi berbeda memaparkan materi dalam seminar ini. Pertama; Dosen Fapet Unipa sekaligus Pembina Korwil Deiyai, Denny A. Iyai dengan materi “Public Speaking”. Kedua; Dosen Fapet juga sekaligus Pembina Korwil Deiyai, Stepanus Pakage dengan materi “Manajemen Waktu”. Ketiga; Dosen Antropologi Unipa, Nikodemus Wamafma dengan materi “Perkembangan Otonomi Kampung”. Keempat; Dosen Faperta Unipa sekaligus Pembina Korwil Deiyai, Desi Edowai dengan materi “Cara Menulis Karya Ilmiah yang Efektif”. Kelima; Alumni Unipa sekaligus relawan, Yanuarius Anouw dengan materi “Penguatan Kapasitas Organisasi Korwil”.

Seminar ini digelar berdasarkan program kerja Badan Pengurus Korwil Deiyai melalui Biro Penalaran dan Keilmuwan.

Ketua Korwil Deiyai, Akulian Gobai mengatakan, seminar ini digelar untuk meningkatkan human skill anggota korwil.

“Ada lima tujuan kami mengadakan seminar sehari ini, yakni pertama, mengader dan membina. Kedua, mengukur kemampuan untuk mencari peluang. Ketiga, membuka dan meluaskan wawasan pola pikir manusianya. Keempat, melengkapi kelebihan dan kekurangan skill. Dan kelima, menerapkan dan mewujudkan visi pengurus. Intinya, kami mencoba untuk tingkatkan kecakapan anggota dalam bertindak,” katanya kepada Majalah Beko seusai seminar.

Sehingga, Akulian mengharapkan, seminar ini bisa memberikan pencerahan dalam mewujudkan output seminar.

Sementara, Dewan Penasehat Organisasi (DPO) Korwil Deiyai, Stefanus Pigai menilai, seminar ini positif dan perlu digelar lagi.

“Kegiatan ini perlu digelar lagi karena dengan melakukan kegiatan inilah yang membuka pemikiran kita secara luas dan apa yang kita tidak tahu menjadi tahu,” ungkapnya.

Hal serupa disampaikan Anggota Korwil Deiyai, Dora Eska Pigai bersama temannya, Yolanda Giay di kesempatan yang sama.

“Menurut saya, semua materi baik, apalagi materi Ibu Desi tentang cara membuat karya ilmiah, baik skripsi, KKN, PKL maupun tugas akhir, serta materi-materi lain. Saya harap, seminar seperti ini perlu diadakan lagi dengan pelatihan langsung,” katanya.

Kata Yolanda, “Menurut saya, sebagai mahasiswa, semua materi baik. Tapi, yang harus saya garis bawahi di sini adalah materi otonomi kampung, bagaimana kita sebagai mahasiswa dapat mengaplikasikan materi itu di masyarakat. Kita harus melihat juga situasi yang berkembang. Saya senang kalau seminar ini diadakan lagi.”

Pantauan Majalah Beko, seminar yang dihadiri puluhan Anggota Korwil Deiyai ini berlangsung aman hingga usai.

(AP)
Tingkatkan “Human Skill”, Korwil Deiyai IMPT Manokwari Gelar Seminar Sehari Reviewed by Majalah Beko on 19.22.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.