Breaking News

Berita

Warga Diskamsel Minta Dinas Kebersihan Dogiyai Segera Atasi Tumpukan Sampah di Muara Kali Edege

Warga Diskamsel menggunakan perahu ke kebun saat banjir, Selasa (19/04). Foto: MW.
Dogiyai, Majalah Beko - - Warga Distrik Kamuu Selatan (Diskamsel) meminta Dinas Kebersihan Kabupaten Dogiyai segera mengatasi tumpukan sampah di muara Kali Edege, Idakebo. Pasalnya, air kali yang biasa digunakan warga setempat untuk mencuci pakaian, mandi, dan minum ini mulai tersendat tumpukan sampah, serta mengakibatkan lumpur saat banjir dan menghasilkan aroma busuk.

“Muara Kali Edege sebagai penampungan air, karena air dari mana-mana tertampung di muara bagian Selatan Kali Edege. Kami biasa mandi, cuci pakaian, dan minum di situ. Tapi, kami mengalami kesulitan air dengan tumpukan sampah-sampah yang selalu dibuang orang-orang dari luar. Apalagi, sekarang musim hujan dan banjir, banyak lumpur,” kata seorang tokoh pemuda setempat, Melianus Wogee kepada Majalah Beko di Moanemani, Distrik Kamuu, Kabupaten Dogiyai, Selasa (19/04) siang.

Melianus menilai, masalah ini mulai terjadi ketika Kabupaten Dogiyai dimekarkan. “Warga Kamu Selatan saat ini benar-benar menggalami kesulitan dengan air. Selagi masih Distrik Moanemani di Kamuu, kali bagian ini masih jernih, tapi setelah jadi Kabupaten Dogiyai, sekarang kali paling kabur dan banyak sampah,” jelasnya.

Sementara, di kesempatan sama, kepala desa setempat, Agustinus Adii mengatakan, lumpur akibat tumpukan sampah tersebut menghambat aktivitas warga.

“Kali-kali yang ada, sekarang jadi pabrik sampah. Orang-orang dari luar selalu membuang sampah di kali-kali yang ada ini. Kami warga Kamsel terima bersih lumpur dari sampah itu. Apalagi, wilayah Kamuu di Dogiyai ini punya kepala air banyak, tapi muaranya hanya satu melalui Kali Edege ini,” katanya.

Lanjut Agustinus, walaupun berlumpur, warga setempat tetap melaksanakan aktivitas sehari-hari menggunakan perahu tradisional. “Kami warga Kamsel untuk mau melakukan pekerjaan ke kebun dan hutan saat banjir, kami merasa bangga karena ada perahu tradisi nenek moyang, tuturnya.

Sehingga, Agustinus bersama warga setempat meminta Dinas Kebersihan Dogiyai segera menangani masalah ini sebelum masalah ini berujung pada masalah kesehatan warga.

Selain air yang kami gunakan, kami tidak mau masalah ini membawa penyakit dan mengganggu kesehatan warga. Maka, saya atas nama kepala kampung bersama warga Kamsel minta kepada Dinas Keberhasilan Dogiyai untuk secepatnya mengatasi masalah sampah ini, baik dalam kota maupun di kampung-kampung,” pintanya.

(YD)
Warga Diskamsel Minta Dinas Kebersihan Dogiyai Segera Atasi Tumpukan Sampah di Muara Kali Edege Reviewed by Majalah Beko on 23.33.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.