Breaking News

Berita

2 Mei 2016, KNPB Konsulat Gorontalo Dipantau Gabungan Aparat Keamanan

Jubir KNPB Konsulat Gorontalo, Lukas Yobee (kanan) sedang bernegosiasi dengan TNI Kodam Gorontalo. Foto: KNPB Konsulat Gorontalo.
Manokwari, Majalah Beko - - Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Konsulat Gorontalo dipantau aparat keamanan ketika hendak menggelar ibadah dalam rangka memperingati 53 Aneksasi Papua sejak 1 Mei 1963, serta mendukung ULMWP menjadi anggota penuh di MSG dan pertemuan IPWP di London.

Juru Bicara (Jubir) KNPB Konsulat Gorontalo, Lukas Yobee mengatakan, aksi damai KNPB Konsulat Gorontalo pada Jumat (29/04) lalu kepada Polda dan Polres Gorontalo Kota ditolak Porles Gorontalo Kota.

Surat tersebut diterima Lukas di Asrama Papua Gorontalo oleh dua orang utusan Polres Gorontalo Kota.

“Sesuai dengan surat pemberitahuan aksi damai yang kami masukan di Polda Gorontalo dan Polres Gorontalo Kota pada hari Jumat tanggal 29 April 2016.Mereka tolak aksi kami. Surat penolakan itu kami terima pada hari ini, tanggal 2Mei 2016. Pada jam 9:42 pagi, datang 2 orang Intel Polres berpakaian baju putih untuk mengantar surat tidak setuju untuk aksi tersebut,” katanya kepada Majalah Beko, Senin (02/05).

Sebelumnnya, saat Lukas sedang bernegosiasi dengan  dua utusan Polres Gorontalo Kota, Kodim Gorontalo bersama seorang anggotanya mengunjungi kediaman Lukas dengan alasan Babinsa di kompleks itu pada pukul 8.25 WITA.

Dikatakan Lukas, tim gabungan itu secara bersamaan menanyakan kegiatan KNPB hari ini. Lukas menjawab, dirinya tetap akan menggelar agenda KNPB.

“Tim gabungan secara serentak, mereka ada Tanya, hari ini kegiatan bagaimana... Lalu saya menjawab, karna tidak disetujui, maka kami tetap akan mendukung dengan cara dan gaya kami. Dalam hal ini, hari ini kami akan ibadah,” ungkapnya.

Setelah itu, tambah Lukas, tim gabungan tersebut melakukan sweeping dibeberapa kamar, aula pertemuan, serta fasilitas asrama.

Sebelum tim gabungan tersebut meninggalkan Asrama Papua, Lukas mengatakan, KNPB Konsulat Gorontalo akan tetap menggelar agenda KNPB, seperti yang dikatakannya sebelumnya.

“Lalu, kata terakhir yang saya katakan lagi kepada tim gabungan tersebut, kami akan ketemu di lain waktu, tapi topik permasalahannya tetap sama,” pungkasnya.

Walau dilarang dan dipantau pihak keamanan, KNPB Konsulat Gorontalo telah menggelar ibadah bersama di Asrama Papua pukul 15.00 WITA hingga 17.00 WITA dengan aman.


(AP)
2 Mei 2016, KNPB Konsulat Gorontalo Dipantau Gabungan Aparat Keamanan Reviewed by Majalah Beko on 17.13.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.