BREAKING NEWS

Berita

KNPB Mnukwar Gelar Ibadah dan Penyampaian Hasil Deklarasi Westminter

KNPB Mnukwar setelah menyampaikan hasil Deklarasi Westminter di halaman Kontrakan Yahukimo, Sabtu (14/05) siang. Foto: YG/Beko.
Manokwari, Majalah Beko - - Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mnukwar menyampaikan hasil Deklarasi Westminter yang dihasilkan dalam pertemuan International Parliament for West Papua (IPWP) yang dilaksanakan di London pada 4 Mei 2016 lalu. KNPB Mnukwar menyampaikan hasil ini setelah menggelar ibadah syukuran pada Sabtu (14/05) siang di halaman Kontrakan Yahukimo, Amban, Manokwari.

Dalam selebaran yang dibagikan, KNPB Mnukwar menuliskan, Deklarasi Westminter ditandatangani oleh 95 anggota IPWP di gedung Parlemen London, mendesak dilakukannya pengawasan internasional penentuan nasib sendiri bagi Bangsa Papua Barat. Pertemuan tersebut dihadiri Menteri Luar Negeri Vanuatu, Bruno Leingkone, utusan MSG khusus Papua Barat, Rex Horoi, Menteri Pertanahan dan Sumber Daya Alam Vanuatu, Ralph Regenvanu, Gubernur Oro District PNG, Gary Juffa, Lord Harries dari Pantregarth, Inggris House of Lords, dan Benny Wenda dari gerakan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Dituliskan lagi, Jeremy Corbyn berbicara tentang penderitaan rakyat Papua Barat dan mendukung dilaksanakannya reformasi demokrasi di Papua, Indonesia. Ia menyampaikan hal ini dalam pertemuan Internasional Parliamentarian for West Papua (IPWP) di London Inggris 4 Mei 2016 lalu. Corbyn adalah politikus Inggris Pemimpin Partai Buruh dan Pemimpin Oposisi. Dia telah menjadi anggota parlemen untuk Islington Utara sejak tahun 1983 dan terpilih sebagai Pemimpin Partai Buruh pada tahun 2015. Jeremy Corbyn menegaskan dukungannya bagi perjuangan pembebasan Papua Barat.

Berikut adalah Deklarasi Westminster untuk International Supervised Vote for West Papua yang ditandatangani 95 anggota IPWP.
Kami anggota parlemen yang bertandatangan, yang menjadi anggota International Parliamentarians for West Papua (IPWP):
1. Menyatakan bahwa pelanggaran HAM yang sedang berlangsung di West Papua tidak bisa diterima.
2. Peringatkan bahwa tanpa aksi internasional, orang West Papua sedang menuju pada resiko kepunahan.
3. Menyatakan kembali hak orang asli West Papua untuk menentukan nasibnya sendiri.
4. Mendeklarasikan aksi pemilihan bebas (act of free choice) tahun 1969 sebagai tindakan kotor yang melanggar prinsip act of free choice.
5. Mendesak pengawasan Internasional dalam penentuan nasib sendiri bagi West Papua sesuai dengan resolusi Majelis Umum PBB 1514 dan 1541 (XV).

(SP/YG)
KNPB Mnukwar Gelar Ibadah dan Penyampaian Hasil Deklarasi Westminter Reviewed by Majalah Beko on 22.47.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.