BREAKING NEWS

Berita

OAP Memiliki Jiwa Nasionalisme Tinggi, Siapa Bilang Tidak?

Oleh Mesak Pekei
Kelulusan siswa SMA asal Papua diwarnai dengan penggambaran Bendera Bintang Kejora di seragam sekolah mereka. Foto: Facebook/ist.
Kata siapa “sebagian orang asli Papua (OAP) saja yang berjuang Papua Merdeka?" Nyatanya, seantero rakyat Papua yang tersembunyi di setiap RT, RW, desa, distrik, daerah, wilayah maupun yang ada di negara lain pun berjiwa besar untuk Papua Merdeka. Kecil, besar, tua, dan muda, serta yang berpendidikan maupun belum berpendidikan memiliki jiwa nasionalisme ke-Papua-an yang menjulang tinggi, untuk rakyat Papua lepas dari bingkai NKRI.

Terbukti bahwa, setiap tahun ada kelulusan SD, SMP dan SMA, banyak siswa asal Papua yang mengukir Bendera Bintang Kejora pada tubuh dan seragam mereka. Serta, rekan-rekan non Papua di berbagai daerah pun mendukung untuk Papua harus lepas dari NKRI. Karena, berdasarkan sejarah, Papua telah merdeka. Namun, Papua dianeksasi oleh NKRI pada 2 Mei 1969 melalui Pepera yang tidak adil. Semenjak itulah wilayah Papua serta manusianya diperlakukan tidak adil, tidak manusiawi oleh TNI/Polri. Semenjak itu juga merupakan awal dari intimidasi, teror, pembunuhan, pemerkosaan, diskriminasi dan pembunuhan di seluruh wilayah Papua. Para investor, para imperialisme, para kolonialisme, dan para militer menguasai wilayah Papua dengan sewenang-wenang.

Melihat latar belakang sejarah Papua yang menyedihkan bagi rakyat Papua, seluruh rakyat Papua dari kecil-besar, tua-muda memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi untuk rakyat Bangsa Papua harus keluar dari bingkai NKRI dengan menentukan nasib sendiri di negerinya. []
OAP Memiliki Jiwa Nasionalisme Tinggi, Siapa Bilang Tidak? Reviewed by Majalah Beko on 11.29.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.