Breaking News

Berita

Pendidikan bagi Pemilik Surga Kecil

Oleh Lukas Yobee
Ilustrasi. Foto: Dok. Penulis.
Berpendidikan sangat penting bagi kami (orang Papua) agar kami juga mengatakan siapa diri kami yang sebenarnya kepada mereka (Indonesia) yang selalu menyebut kami dengan berbagai bahasa yang tidak logis. Orang Papua yang sudah berpendidikan kini menjadikan pendidikan sebagai senjata untuk menindas orang Papua sendiri, sehingga terjadi ‘Papua makan Papua’.

Bagi saya, pendidikan adalah sebuah perjuangan yang setelah kami ada atau setelah kami lahir. Tetapi, perjuangan Papua Merdeka adalah perjuangan yang lahir bersamaan dari rahim ibu. Sebab, pendidikan akan berakhir duluan, sekalipun kami masih hidup di atas tanah kami yang dijajah ini. Perjuangan Papua Merdeka yang lahir sama-sama ini akan hilang, punah dan mati bersamaan dengan kami sendiri, sebab itu adalah mandat dari sang pemilik tanah dan orang Papua.

Seharusnya, pendidikan ini kami belajar dari mereka dan untuk melawan mereka sendiri. Sebab, kami hidup ini untuk menghidupkan orang lain, bukan untuk membunuh. Orang Papua tidak pernah sadar dengan perkataan dari tokoh Papua, Bapak Dr. Beny Giyai: “Orang Papua mau jadi gubernur ka, bupati ka, DPR ka, titel muka depan belakang ka, PNS ka, TNI/Polri ka, tapi kita harus sadar bahwa kita semua orang Papua ini ibarat bergaya di dalam penjara.”

Maka itu, orang Papua harus sadar diri bahwa penjajah tidak pernah akan memikirkan nasib bangsa yang sedang dijajah ini.

* Penulis adalah Juru Bicara (Jubir) KNPB Konsulat Wilayah Gorontalo
Pendidikan bagi Pemilik Surga Kecil Reviewed by Majalah Beko on 05.14.00 Rating: 5
All Rights Reserved by MAJALAH BEKO ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.