BREAKING NEWS

Berita

Sistem Hanya Bisa Dilawan dengan Sistem

Oleh Ogia Uaga
Penulis. Foto: Dok. Penulis.
Sistem kolonial yang merembas dewasa ini hanya bisa kita lawan dengan sistem, kawan. Bangkitkan simbol perlawanan dan tanamkan dalam segala aspek kehidupan kita saat ini. Mulailah semuanya dari diri kita dan biarlah menjadi pelajaran untuk sesama kita lewat cara hidup kita.

Mulai dari makan, minum, tata cara kita berkomunikasi dan lain sebagainya, harus kita ubah, kawan. Belajar menghargai waktu, hentikan pemborosan waktu untuk hal-hal tidak bermakna. Share pengetahuan dengan sesama untuk mengkaji fakta yang sedang terjadi di atas tanah ini.

Proaktif dalam menanggapi dilema yang mana dibangun oleh sistem kolonial dalam merancang "perpecahan" di antara kita. Pesimis dengan pencapaian hasil atas setiap upaya yang kita kerjakan. Sekecil apapun hasilnya, itu adalah bagian dari proses yang harus kita lewati.

Segala macam cara akan dia (sistem kolonial) gunakan untuk merusak keyakinan kita atas diri kita; keyakinan kita atas tatanan hidup yang sudah diturunkan oleh leluhur (ancestors) termasuk budaya (culture) di dalamnya dan dia tidak akan tertidur ketika satu langkah dari ribuan upayanya tidak berhasil.

Untuk itu, Anda dan saya pun harus demikian. Lawan (rebel) adalah tindakan yang tepat untuk menanggapi dilema setting-an yang sedang berlangsung ini. Lawan sistem, bukan berarti kita harus berperang (fight back) dengan kemampuan fisik kita yang ada, namun dengan sistem pula kita harus bertindak. Berperang dengan menggunakan sistem di sini yang saya maksudkan, yaitu; menyimak dengan seksama penghancur (destroyers) yang dihadirkan oleh sistem kolonial di sekitar kita. Mulai dari sisi politik, pendidikan, ekonomi, sosial dan lain sebagainya. Dengan demikianlah kita dapat bertahan dan fight back dan akhirnya menghancurkan segala tipu daya sistem kolonial itu (menyimak bukan berarti ikut terjerumus ke dalam sistem/ kecuali Anda adalah pemeran titipan).

Politik adalah segala upaya yang ditempuh untuk mewujudkan kebaikan bersama, namun kenyataannya sangat beda. Sistem dibangun untuk menguntungkan salah satu pihak yang adalah oknum di balik sistem kolonial itu sendiri. Ekonomi adalah posisi di mana peluang lapangan kerja sangat menjanjikan, namun saat-saat penting itu akan dimanfaatkan oleh aktor di balik sistem kolonial untuk menguasai posisi-posisi penting dalam lapangan kerja tersebut, karena memang sebagian dari kita belum siap di tingkatan ini dan itupun adalah unsur kesengajaan yang sudah ditargetkan oleh sistem kolonial. Bahkan, saat ini, produk lokal mulai berkurang peminatnya. Sosial budaya; di sisi ini nampak jelas. Banyak dari anak-anak muda asli Papua mulai lupa akan identitas diri sebagai anak Melanesia dan lain sebagainya.

Implementasi dari sistem yang telah saya uraikan di atas sedang berlangsung saat ini, saat di mana saya menguraikan berbagai hal mengenai sistem kolonial ini; untuk akhirnya Anda baca dan merenungkannya. Namun, sistem itu juga sudah ada di sekelilingmu, saat Anda membaca ini. Ingat, sistem yang sudah dibangun oleh kolonial ini ada yang nampak secara fisik, namun ada juga yang tidak nampak oleh kasat mata. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Kiranya kasih Tuhan menyertaimu dalam menapaki hari ini, besok dan seterusnya. Wanelak! [ ]
Sistem Hanya Bisa Dilawan dengan Sistem Reviewed by Majalah Beko on 08.41.00 Rating: 5
All Rights Reserved by Majalah Beko ǀ Situs Berita Online Papua ©Dedicated for West Papuan Property of CV Media Beko

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.